TPID Nuangan dan TA – P3MD Boltim Programkan BID Bersama Seluruh Pemdes

LiputanBMR.com, BOLTIM – Program Pemerintah Pusat lewat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemenDes – PDTT)  Tim Pengelolah Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) lewat beberapa menu inovasi bursa.

Program pendampingan dibawah naungan Direktorat Jendral (Dirtjen) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dalam menggali potensi Desa diselenggarakan tepatnya di Aula Kantor Kecamatan, Selasa (24/09) turut dihadir oleh seluruh Desa Kecamatan setempat.

Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Boltim, yang hadir turut mendampingi jalanya kegiatan tersebut mengatakan, selain menggali potensi yang ada, Desa juga wajib melakukan kreatifitas lewat pengembangan Inovasi.

“Kami dalam mendampingi TPID terus memberikan dorongan sehingga. Apa yang menjadi harapan Kemendes untuk menjadikan serte meningkatkan kualitasi pemanfaatan program desa dalam BID,” ungkap Sutrisno Mokoginta, Tenaga Ahli Tepat Guna (TTG) Kabupaten Boltim.

Ditambahkanya, setelah turun program BID di tahun 2017 hingga 2019 kini, BID terus dilaksanakan. Menurutnya, dari tahun ke tahun, ada beberapa menu tambahan dalam program kementrian.

“Pada BID sendiri, tahun ini sudah terlaksana di tujuh Kecamatan, sementara tahun sebelumnya badu lima Kecamatan. Selain itu, beberapa menu seperti, Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Kewirausahaan, dan Bidang Infrastruktur, juga menjadi prioritas dalam program BID,” jelas Mokoginta.

Disamping itu juga lanjutnya, peserta yang hadir mewakil Desa masing – masing wajib membuat komitmen secara tertulis dengan TPID dalam menjalankan program desa kedepan, “Nantinya disesuaikan dalam RKPDes rahun berjalan yang tentu tetap mengacuh pada RPJMDes yang ada,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Ketua TPID Kecamatan Nuangan, Hasan Mamonto, optimis pendampingan terhadap pemerintah desa dalam program BID ini mampu terlaksana dengan baik, “Kami juga akan melakuakan pendampingan dengan sabaik -baiknya yang tidak lepas dari tujuan dan sasaran program BID, sehingga pembangunan desa bisa sesuai harapan Pemerintah Pusat,” singkat Hasan jelas. (Ryan)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*