Soni : Empat DOB Di Sulut Pasti Lolos

Soni Sumarsono

LiputanBMR.com, Jakarta –Komitmen Penjabat Gubernur Sulut Dr Soni Sumarsono yang juga sebagai Dirjen Otda Kemendagri untuk meloloskan 4 Daerah Otonomi Baru (DOB) di Sulut patut diacungi jempol. Pasalnya, kendati masih harus melewati proses pembahasan panjang di DPR-RI, suami tercinta dari Dra Tri Rachayu ini optimistis, 4 DOB tersebut bisa lolos.

“Sebagai Dirjen Otda saya optimistis harapan masyarakat dan Gubernur Sulawesi Utara untuk memiliki empat DOB segera terealisasi,”tegas Sumarsono usai melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (09/10/2015).

Selain Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR), pemprov Sulawesi Utara telah mengusulkan pembentukan Kota Langowan di Minahasa, Kota Tahuna di Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Talaud Selatan di Kepulauan Talaud.

Sumarsono menyatakan bertekad akan mengawal proses pembahasan hingga terbentuknya 4 DOB, sampai tuntas. Persyaratan administrasinya sudah dipenuhi. Namun masalahnya ada peraturan pemerintah yang mendukung lahirnya DOB, masih sedang dalam proses. Hal itu pula yang menjadi kesimpulan RDP antara Komisi II dan Dirjen Otda.

Selain itu, DPR RI berharap agar pemerintah memberikan perhatian khusus bagi pemekaran daerah kepulauan, dan daerah perbatasan.”Untuk daerah perbatasan yang strategis seperti Talaud, Komisi II meminta pemerintah melakukan kajian yang mendalam sehingga DOB di sana benar-benar siap siap,” ungkap Sumarsono.

DPR RI dan pemerintah sepakat RDP lanjutan untuk membahas DOB dilaksanakan medio November. Proses memang panjang, untuk itu Sumarsono meminta warga Sulut di Bolaang Mongondow Raya, Talaud, Sangihe dan Langowan untuk bersabar, tetapi juga harus optimistis.

“Kesabaran, sikap optimistis menjadi kata kunci bagi penantian warga BMR,Satal, dan Langowan,”tutup sumarsono. (R_Th)

Check Also

PLN ULP Moutong Salurkan 50 Paket Sembako Kepada Mustahik

Liputanbmr.com, Parigi Moutong – Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Moutong menyalurkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *