KPU Bolmong Gelar Tes Tertulis Anggota PPS untuk Pilkada 2024

LIPUTANBMR.COM,BOLMONG—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) telah mengadakan tes tertulis dalam rangka rekrutmen anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara resmi di Hotel Sutanraja pada Rabu, 15 Mei 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan mendukung kelancaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, yang mencakup pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati.

Afif Zuhri, Ketua KPU Bolmong, menjelaskan bahwa rekrutmen anggota PPS ini dilaksanakan sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 476 tahun 2024 tentang Metode Pembentukan PPK dan PPS untuk Pilkada 2024.

Proses penerimaan calon anggota PPS telah dibuka mulai tanggal 2 hingga 8 Mei 2024, diikuti dengan tes tertulis sebagai tahapan selanjutnya.

Sandi Satria Dama, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, menyatakan bahwa sebanyak 568 peserta mengikuti tes tersebut, tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Bolmong. Namun, dari jumlah peserta yang diundang, 18 peserta tidak hadir.

Ratusan Peserta PPS sedang menjalani Tes Tertulis bertempat di Hotel Sutan Raja, Kota Kotamobagu

Peserta tes tertulis PPS telah melewati seleksi sebelumnya dan memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, antara lain menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 17 tahun, memiliki integritas, tidak menjadi anggota partai politik, serta berdomisili di wilayah PPS.

Rekrutmen ini juga menggunakan aplikasi SIAKBA (sistem informasi anggota KPU dan Badan adhoc) untuk mempermudah proses administrasi.

Sementara itu, proses tes untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah selesai dilaksanakan sebelumnya, dan pelantikan akan dilakukan pada Kamis, 16 Mei 2024.

Afif Zuhri berharap agar anggota PPK dan PPS yang terpilih dapat bekerja secara profesional demi kesuksesan Pilkada 2024 mendatang. (*)

Check Also

PLN Sulutenggo Serahkan Ribuan Paket Sembako Di Desa Nain Minut

Liputanbmr.com, Sulut – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo …