BPKPD Boltim Tinjau Lokasi Sertifikasi Lahan Pemerintah

LiputanBMR.com, BOLTIM – Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Bidang Barang Milik Daerah (BMD) programkan peninjauan lahan milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut merupakan permintaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI untuk di tindak lanjuti menyangkut seritifkasi semua lahan atau tanah milik Pemda.

“Ini merupakan target BPKPD guna sertifikasi lahan yang belum bersertifikat bisa terealisasi untuk di terbitkan sertifikat tanah sehingga ke absahan dukumen tanah tersebut tidak lagi menjadi polemik sengketa tanah di kemudian hari,” ujar Kepala Bidan BMD, Ridel Ambarak, SH melalui Kasubid Pengadaan, Pembinaan dan Pengawasan atau P3BMD, Brayen, ST kepada media ini.

Menurutnya, program yang mengacuh pada Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 148 Tahun 2015 tentnag perubahan keempat atas peraturan presiden nomor 71 tahun 2012 tentang penyelenggaraan pengadaan tanah bagi pembangunan bagi kepentingan umum.

“Dalam program sertifikasi ini, pihak BPKPD Boltim menjalankan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Acuan kegiatan peninjauan lokasi persiapan sertifikasi berdasarkan apa yang tertuang dalam Perpres nomor 148 tahun 2015,” ungkapnya.

Tanah Pemda pada Tahun 2018 telah di selesaikan kurang lebih 105 sertifikat, dan Rencana tahun ini akan ada ketambahan kurang lebih 40 Bidang tanah Bangunan sekolah dan tanah infrastruktur lainya seperti Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) sebagai syarat akreditas Puskesmas.

Selain itu lanjut Brayen, Program ini juga merupakan penegasan dan instruksi lansung dari Sekretaris Daerah Bapak Oskar Manappo, SE.MM sebagai target agenda rutin tiap tahun Sertifikasi lahan terus dipacu hingga sampai tuntas

“Kami akan maksimalkan program ini agar apa yang menjadi kewajiban secara fungsional bisa cepat dalam sertifikasi tanah pemerintah secara menyeluruh, di setiap Sekolah dan Poskesdes, ” tutupnya. (Ryan)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*