Dinas PUPR Bolmut Bersama Tim Pamsimas saat meresmikan program Pamsimas di Desa Kopi
Dinas PUPR Bolmut Bersama Tim Pamsimas saat meresmikan program Pamsimas di Desa Kopi

Program Pamsimas di Bolmut Terus Sasar Warga Kurang Mampu

BOLMUT, LIPUTANBMR.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus berupaya dalam menyediakan akses sanitasi dan air bersih bagi masyarakat kurang mampu.

Kepedulian pemerintah daerah tersebut dibuktikan dengan salah satu program yakni Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Saat ini Dinas PUPR tengah melakukan uji fungsi Program Pamsimas di Desa Kopi, Kecamatan Bintauna, dan Desa Sangkub Kecamatan Sangkub, pada Senin (18/1/2021).

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya Hendra Brahim, Pamsimas ini menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

“APBD yang digunakan sebesar Rp 252.000.000,- .Tentunya ini bertujuan untuk mendukung komitmen pemerintah dalam mencapai Millenium Development Goals (MDG),” ujarnya.

Menurutnya, hal itu guna meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat kurang mampu di pedesaan. Khususnya pada masyarakat desa tertinggal dan masyarakat pinggiran.

“Pamsimas ini sudah bisa digunakan oleh warga dengan menyambungkan pipa melalui swadaya masyarakat,” ungkapnya.

Tambahnya, Pamsimas adalah salah satu program yang dilaksanakan pemerintah pusat dengan dukungan bank dunia. Program ini khusus dilaksanakan di wilayah perdesaan.

“Untuk tahun 2021 ini, masih banyak desa tertinggal yang perlu disentuh program Pamsimas ini,” tutup Ibrahim. [CnD]

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar