Kepala Dinas PPKBPPPA Bolmut, Yani Lasama, SKM.
Kepala Dinas PPKBPPPA Bolmut, Yani Lasama, SKM.

Dinas PPKBPPPA Bolmut Bentuk UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak

BOLMUT, LIPUTANBMR.COM – Upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam melindungi hak-hak perempuan dan anak terus digalakkan.

Hal ini terbukti dengan terbitnya Peraturan Bupati Nomor 46 tahun 2020 tentang pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA), Yani Lasama, SKM, saat ditemui reporter media ini, Selasa (19/01/2021) mengatakan jika, saat ini Dinas PPKBPPPA telah memiliki UPTD yang fokus pada pendampingan kasus kekerasan bagi perempuan dan anak.

“Di tahun 2021 ini, kalau ada kasus yang berkaitan dengan perempuan dan anak, bisa berhubungan langsung dengan UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak,” ungkapnya

Dia pun melanjutkan jika, dalam memaksimalkan kinerja UPTD ini, pihaknya akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Advokat dan Psikolog.

“Kami akan melakukan MoU dengan 2 orang advokat dan 1 psikolog. Ini bertujuan untuk mendampingi warga yang butuh pendampingan hukum dan psikologis, dalam menuntaskan kasus yang berkaitan dengan perempuan dan anak,” terangnya

Ditanya soal apakah ada biaya yang dikeluarkan warga saat meminta pendampingan hukum dan psikolog dari Dinas ini, Lasama mengatakan tidak.

“Tidak ada pungutan biaya alias gratis. Kami fokus pada upaya pendampingan agar korban (perempuan dan anak) mendapatkan keadilan,” ujar Lasama. [CnD]

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar