Pembukaan IISMEX 2019, Wapres Yusuf Kalla Minta Pemda Dukung Smart City

LiputanBMR.com, KOTAMOBAGU – Dalam rangka ajang Indonesia Internasional Smart City Expo dan Forum IISMEX 2019, Wakil Presiden Relublik Indonesia (Wapres RI), Yusuf Kalla, meminta semua Pemerintah Daerah (Pemda) bersinergi untuk mendukung Smart City.

Kegiatan tersebut yang juga dibuka oleh Wapres Yusuf Kalla, di selenggarakan di Jakarta Convention Centre (JCC), rabu (17/07/2019) kemarin.

Yusuf Kalla dalam sambutannya, menyampaikan, bahwa untuk mendukung pelaksanaan Smart City (Kota Cerdas), pemerintah di daerah masinh-masing harus terus bersinergi.

“Agar bisa terwujud pemerintahan yang mudah, layanan publik bisa terpenuhi, cepat, tepat, transparan, murah dan mudah dijangkau seluruh masyarakat, inilah tujuan kenapa harus mendukung Kota Cerdas,” ujar Kalla.

Sebab, lanjut Kalla, penunjang utama adalah kecanggihan teknologi informasi. Ini juga harus seimbang dengan kemampuan para kepala daerah.

“Kalau teknologi informasi dan kemampuan berbanding maka mutu dan kualitas pengelolaan kota semakin meningkat. Sebab, menggunakan teknologi secanggih apapun jika tidak sesuai dengan kemampuan kepala daerah dalam berinovasi, tentunya kota cerdas tidak akan terwujud,” tuturnya.

Sementara, Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, merespon positif yang disampaikan Wapres. Menurut Tatong, di Kotamobagu Infrastruktur teknologi informasi sudah memadai, namun cakupan presentasenya masih terus ditingkatkan.

“Saat ini presentasenya sekitar 80 persen, agar lebih dimaksimalkan lagi maka Pemkot terus mempersiapkan infrastruktur penunjang lain untuk integrasi data perencanaan pembangunan di masing-masing perangkat daerah. Sedangkan untuk penunjang pelayanan publik, maka kualitas sumber daya manusia bidang teknologi informasi juga akan diperkuat,” ujar Tatong, kamis (18/07/2019).

Menyambung soal itu, Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, SE, mendukung sepenuhnya program Smart City yang dipelopori oleh Wali Kota Tatong Bara.

“Kami sangat mendukung program ini, kemudian untuk memperluas cakupan infrastruktur teknologi informasi tentunya kami terus bekerja keras. Ini dilakukan supaya di Kotamobagu pelayanan publik lebih meningkat serta pada pemerintahanya layanan informasi makin meningkat,” ujar Yani.

Diketahui kegiatan ini, dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Dalam Negeri, para gubernur/bupati/walikota se-Indonesia, serta sejumlah lembaga terkait lainnya ini, melangsungkan beberapa forum dan kegiatan besar, seperti Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo PoolTech, Indo Security, Indo Firex 2019 Expo & Forum, serta menampilkan berbagai inovasi layanan perkotaan. (Kominfo)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*