Lestarikan Budaya Daerah

LiputanBMR.com, Kotamobagu – Sejumlah kesenian tradisional mulai tampil dalam Festival Seni dan Budaya Bolaang Mongondow (Bolmong) yang dilaksanakan di halaman depan Sutan Raja Hotel Kotamobagu, Sabtu (12/05/2018).

Menurut Kepala Dinas Parwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu, Agung Adati, selain dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kotamobagu, kegiatan juga bertujuan untuk melestarikan budaya daerah serta menumbuh kembangkan kreatifitas generasi muda khususnya dalam seni dan budaya. “Selain sebagai agenda tahunan dalam rangka memeriahkan HUT Kotamobagu, kegiatan juga bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya serta untuk memberikan kesempatan bagi generasi muda dalam berkarya khususnya dalam seni dan budaya,” ujar Agung.

Kepala Bidang Kebudayaan, Telma Olola menambahkan, kegiatan yang rencananya dilaksanakan selama 3 hari ini melombakan berbagai seni dan tari yang dibagi dalam 2 kategori. “Lomba kita gelar selama tiga hari,  yang dibagi menjadi dua kategori yakni umum dan tingkat pelajar. Kegiatan yang kita lombakan diantaranya

Dana-dana, pidato dalam bahasa mongondow, salamat, bintang vokalia, tari tradisional, serta tari kreasi baru,” imbuhnya.

Untuk para peserta yang memenangkan lomba lanjut Telma,  nantinya akan mengantongi tropi serta uang pembinaan, “Pemenang lomba tentunya akan mendapatkan Tropi serta uang pembinaan,” tutupnya.

(*/Lim)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*