Pemdes Molobog Barat Gelar Sosialisasi Pemberdayaan Terhadap Masyarakat Petani

LiputanBMR.com, MOTONGKAD – Pemerintah Desa (Pemdes) Molobog Barat, Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar sosialisasi pemberdayaan lewat penyuluhan pertanian bagi masyarakat Desa setempat, Kamis (07/11).

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Camat Motongkad, Iwan Tololiu dan dihadiri oleh Kepala Dinas PMD, Uyun Kunaefi Pangalima, SPd Sekertaris Dinas Pertanian Sulistiono, SP sebagai pemateri.

Kegiatan juga dihadiri oleh 40 peserta dari kalangan masyarakat petani serta Sangadi (Kepala Desa) Lukman Mamonto, Sekdes Kasmat Moses dan Iferlim Mamonto, Ketua BPD Molobog Barat.

Sekertaris Dinas Pertanian, Sulistiono, SP dalam penyampainya memaparkan tata cara serta teknis bertani terhadap peserta. “Paling penting dalam bertani itu terutama pola bercocok tanam. Bagaimana menentukan dan memilih komoditas dalam pola bertaman, juga pemanfaatan obat- obat pertanian, termasuk pupuk,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD, Uyun Kunaefi Pangalima, SPd memberikan materi terkait pengembangan usaha dan pengembangan ekonomi pertanian bagi peserta yang hadir.

Terpisah, Sangadi Lukman Mamonto mengatakan program pemberdayaan ini bertujuan untuk peningkatan pemahaman petani dalam program pertanian lebih produkitif, “Baik itu dari cara bercocok tanam hingga hasil produksi sebagaimana dari sosialiasasi inip mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Menurut Lukman, sejauh ini pihaknya selalu memprioritaskan program Desa pada pertanian hingga peternakan. “Dukungan kami untuk program pertanian rutin setiap tahunya dalam pemberdayaan, terlebih dalam peternakan. Untuk itu, pemerintah desa akan terus menjadikan keinginan dam harapan masyarakat khususnya petani lebih sejahtera kedeapan,” tutupnya. (R)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*