Kesbangpol Turun Verifikasi Keberadaan Ormas di Boltim

LiputanBMR.com, BOLTIM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) turun verifikasi Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Kabupaten tersebut. Menurut data sementara pihak Kesbangpol, dari 40 Ormas yang ada, hanya Tiga Ormas yang terdaftar keabsahanya.

“Yang ada, baru tiga ormas yang memenuhi syarat. Itu baru sementara, kami sampai saat ini masih melakukan pengembangan verifikasi data,” ungkap Kepala Kesbangpol Boltim, Drs Arsad Mamonto, kepada media ini belum lama.

Arsad mengemukakan, keterlibatan ormas dalam pemerintahan atau pun kemasyarakatan itu penting. Akan tetapi secara legalitas keberadaan ormas itu harus memenuhi syarat.

“Minimal ormas itu mengantongi Surat Keterangan Terdaftar (SKT) entah itu ormas yang sudah terdaftar di pusat atau pun hanya ditingkat lokal,” terang Mamonto.

Adapun bentuk persyaratan diantaranya, Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADRT) kelengkapan struktur, program kerja dan akta pendirian, bendera organisasi dan keberadaan ormas.

“Yah, kami mengarahkan ke seluruh ormas yang berkegiatan di boltim, untuk tindak lanjut apa yang menjadi persyaratan. Tak hanya itu program dan sasaran ormas juga diketahui,” kata Arsad lebih jelas.

Hingga berita ini tayang, Tim Kesbangpol merampungkan proses verifikasi di Tujuh Kecamatan se-Boltim. (Ryan)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*