Jumbara ke – IX di Boltim Resmi di Buka Oleh Bupati

LiputanBMR.com, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar,SH, secara resmi membuka Jambore PKK pada kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) dan pameran serta promosi pembangunan Desa ke-IX di Lapangan Desa Togid Kecamatan Tutuyan Boltim. Senin, (14/10/2019).

Bupati Sehan Landjar dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Jambore kader PKK melalui kegiatan Jumbara dirangkaikan pameran dan promosi pembangunan desa ini merupakan sebuah inovasi dari konsep pemikiran yang dilahirkan melalui pelaksanaan program peningkatan pemberdayaan masyarakat perdesaan untuk menunjang proses pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Pelaksanaan kegiatan ini menjadikan sebuah nuansa baru yang memberikan warna tersendiri bagi dinamika yang terjadi ditengah masyarakat boltim,” Jelasnya.

Menurutnya, PKK adalah sebuah lembaga yang mengkoordinasi segala bentuk pelaksanaan program dan kegiatan untuk membantu dan menopang peningkatan kehidupan perempuan di tengah arus globalisasi. Begitupun PKK sebagai wadah perhimpunan perempuan dalam mengimplementasikan konsep yang tentunya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Dengan bersinergi dengan stakeholder yang ada diharapkan dapat menunjang seluruh program pembangunan Pemerintah Boltim,” Imbuh Bupati.

Selain itu kata dia, PKK adalah bagian dari lembaga yang menaungi dan memberdayakan perempuan. Hal ini sejalan dengan konsep emansipasi wanita atau kesetaraan jender. Peningkatan peran perempuan harus dijunjung tinggi sebab wanita jaman sekarang bukan lagi wanita jaman dahulu yang hanya mengurusi suaminya atau memasak dan mengurusi rumah tangga.

“Namun peran wanita sekarang ini justru lebih maju daripada laki laki. Peran Perempuan perlu ditingkatkan agar lebih mampu memberikan sumbangsih yang lebih besar dalam berbagai bidang dan pembangunan di daerah ini,” ucapnya.

Sehan mengharapkan, pelaksanaan even Jambore Jumbara dan promosi pembangunan desa dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan daerah ini dengan basis pelaksanaan program yang lebih ditekankan untuk masyarakat perdesaan. Pemerintah desa juga harus dapat mengakomodir aspirasi masyarakat yang berkembang dan harus diartikulasikan melalui lembaga – lembaga yang ada ditingkat desa.

“Saya berharap pelaksanaan kegiatan ini jangan hanya dijadikan kegiatan seremoni saja. Namun, harus bisa mengambil sebuah pelajaran dan makna dari esensi dan nilai – nilai kebaikan yang terkandung dalam prosesi pelaksanaan even ini. Apresiasi yang sebesar besarnya kepada jajaran BPMPD yang bersinergi dengan tim penggerak PKK Kabupaten dalam pelaksanaan kegiatan ini,” papar Bupati.

Ia juga mengatakan. Kinerja PKK sangat mendongkrak ekonomi miskin menuju sejahtera.“PKK menggerakkan roda pembangunan dengan turut andil dalam pertumbuhan perekonomian di daerah ini,” ucapnya. (R)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*