Persiapan LPPD 2019, Pemkab Boltim Hadirkan Ditjen Otda Kemendagri Sebagai Narasumber

LiputanBMR.com, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menghadirkan perwakilan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pada penyelenggaran kegiatan persiapan penyusunan LPPD tahun 2019, di Hotel Aston Manado, Rabu (09/10).

Dengan mengukur penilaian dalam hal menyusun LPPD, Pemkab Boltim melibatkanq Koordinator Evaluator dan Pemeringkatan Secara Nasiona Ditjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri sebagai narasumber.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Boltim, Hariyono Sugeha, SH mewakili Bupati, Sehan Landjar, SH berlangsung hingga Jumat (11/10) mendatang.

Pada kegiatan tersebut, Hariyono mengatakan, LPPD adalah laporan penyelenggaraan pemerintahan selama 1 tahun anggaran yang wajib disampaikan kepada pemerintah pusat paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“LPPD ini adalah salah satu bahan evaluasi oleh pemerintah pusat untuk keperluan pembinaan terhadap pemerintah daerah,” sebutnya.

Lanjutnya, kurun waktu tiga tahun terakhir, Pemkab Boltim terus melakukan pembenahan. Sehingga LPPD Boltim dari tahun ke tahun, terus mengalami peningkatan. Menurutnya, berdasarkan hasil evaluasi dari tim evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan pusat, di tahun 2018 Boltim meraih predikat sangat tinggi.

“Peningkatan itu dikategorikan baik, dibuktikan dengan pelaksanaan evaluasi setiap tahun nilai LPPD terjadi kenaikan. Apabila LPPD mempunyai capaian yang bagus, maka akan berdampak pada penambahan dana insentive daerah dari pemerintah pusat ke pemerintah kabupaten,” terangnya.

Sementara dalam kesempatan itu juga, Kabag Tapem Setda Boltim, Ikhlas Pasambuna, SSTP mengungkapkan, Pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas perangkat daerah yang terlibat dalam tim penyusun LPPD agar hasil klarifikasi data kinerja yang termuat dalam LPPD tahun 2019, khususnya capaian kinerja serta indikator kinerja kunci untuk mengukur secara komprehensif dan tepat sasaran.

“Melalui pertemuan ini, peserta diharapkan dapat berbagi informasi mengenai indikator evaluasi kinerja dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Kabupaten dan Kota se-Provinsi Sulut tahun 2018, Boltim meraih predikat sangat tinggi dengan nilai 3,1712.

“Hasil itu menempatkan Boltim di urutan ke tiga kategori Kabupaten se Sulut,” tutupnya. (R)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*