Dinkes Boltim Update Informasi Terkini Indeks Kriteria Covid-19

LiputanBMR.com, BOLTIM – Penanggulangan wabah Covid-19 oleh Pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam upaya penanganan terus dimaksimalkan, guna memastikan indikasi penularan wabah di wilayah Kabupaten Bolmong Timur (Boltim).

Fungsi pengawasan dan pelayanan medis terus dilakukan oleh pihak kesehatan secara berjenjang melihat kondisi dan situasi terkini aktivitas masyarakat di Kabupaten setempat.

Berdasarkan peta data terupdate pihak kesehatan hingga Rabu (01/04/20), Boltim masih dalam zona siaga pencegahan, mengingat adanya perkembangan jumlah status masyarakat yang memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah bahkan luar negeri.

 

Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi membenarkan adanya penambahan jumlah status dari kriteria penanganan di Kabupaten Boltim. Namun, menurutnya belum ada gejala yang dipastikan bahwa itu postif.

“Kita belum menemukan adanya kondisi ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang beresiko positif. Dari jumlah data yang ada, ODP selalu dalam pegawasan oleh pihak kami. Sementara, kriteria lainya di Boltim sendiri banyak pelaku perjalanan dari luar daerah atau luar negeri,” ungkapnya.

Ia pun menghimbau, adanya perkiraan waktu yag diatur Badan Nasioanal Penanggulangan Bencana (BNPB), diharapkan setiap Puskesmas diwilayab Kecamatan selalu siaga dalam pencegehan, penaganan hingga pelayanan secara medis.

“Sesuai masa tenggang yang diatur BNPB sampe dengan bulan mei, atau batas waktu yang tidak di tentukan kemudian, semuah pihak kesehatan termasuk yang di wilayah kecamatan jalankan protap dan SOP dalam melaksanakan tugas,” tutupnya. (R)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*