Dinas PMD Minta DD Tanggap Darurat Maksimal Tangani Covid-19

LiputanBMR.com, BOLTIM – Tindak lanjut instruksi Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar, SH terkait anggaran tanggap darurat sumber Dana Desa (DD) digunakan untuk penanggulangan wabah Covid-19 wajib terealisasi sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

Dengan itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) meminta seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) se-Kabupaten, untuk harus memanfaatkan dana tanggap darurat secara adminstratif berkitan dengan penanganan Covid-19.

Demikian pernyataan Kepala Dinas PMD, Uyun Kunaefi Pangalima. Ia menegaskan, anggaran yang digelontorkan guna pencegahan dampak wabah tersebut bukan dimanfaatkan untuk sembako ke masyarakat.

“Untuk sembako itu ada di Dinas Ketahanan Pangan, seluruh Desa berkewajiban menyediakan anggaran tanggap darurut Covid-19 dan dimanfaatkan untuk pengadaan Masker, Hand Sanitezer cuci tangan, Disinfektan untuk penyemprotan dan sarung tangan serta alat pengukur suhu badan,” tegas Kunafi.

Hal ini merupakan bentuk upaya penanganan disetiap Desa dalam rangka mengantisipasi situasi dan kondisi di masyarakat secara rutin. “Sehingga, sangat perlu terhadap Pemdes segera mungkin mempersiapakan atau punbmerelaisasikan langkah – langkah pencegahan di tengah – tengah masyarakat,” ujarnya.

Kunaefi juga menjelaskan, berkaitan dengan penggunaan anggaran tanggap darurat harus berdasarkan tindakan penanganan yang dilakukan oleh seluruh Desa dan mampu dipertanggungjawabakan sebagaimana pelayanan yang terealisasi, “Jadi anggaran yang ada itu digunakan sebagaimana mestinya, dan harus dipertanggungjawabkan sesuai realisasi belanja,” jelasnya.

Ia pun berharap kepada masyarakat untuk mengikuti apa yang menjadi anjuran Pemda untuk berdiam diri dirumah serta mengikuti protokol kesehatan agar jauh dari penyebab terdampaknya wabah. “Sehinga kita di daerah ini dijauhkan dari wabah dengan cara mengikuti setiap anjuran pemerintah hingga kebersihan dirumah selalu diutamakan. Tentunya berdoa juga sangat penting dan semogah wabah ini cepat berakhir,” tutupnya. (R)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*