Bersama Panwaslu, KPU Boltim Lakukan Vervikasi Faktual

LiputanBMR.com, Boltim – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) di dampingi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) mulai melakukan Verivikasi Faktual di seluruh sekretariat Partai Politik (Parpol) se-Kabupaten, selasa (30/01).

Ketua KPU, Ewin Umbola kepada LiputanBMR.com mengatakan tim verifikasi dibagi menjadi tiga tim, “Tim satu kita tugaskan di wilayah Modayag jadi 3 Parpol diverifikas oleh tim satu, sementara tim dua dan tiga kita bahagi tugas di wilayah Tutuyan,” katanya.

Ia menambahkan, tujuan dari verifikasi ini menjalankan amanat putusan Mahkama Konstitusi (MK), “Sebenarnya pada putusan Undang – undang nomor 07 Parpol yang sudah pernah menjadi peserta pemilu yahun 2014 tidak perlu di verifikasi lagi,” ujar Ewin.

Akan tetapi menurutnya, Paska putusan MK pihak KPU daerah harus melakukan verifikasi secara faktual sebagai calon peserta pemilu di tahun 2019 baik itu yang baru atu yang sudah pernah terdaftar. “Nah tujuanya adalah tentu untuk melakukan pembuktian secara faktual terhadap kebenaran kepengurusan skretariat parpol, keterwakilan perempuan dan keanggotaan. Itu kurang lebih beberapa item yang kemudian akan kami peieiksa pada hari ini,” urainya.

Bukan hanya itu, sampai saat pemeriksaan berjalan masih ada kendala menyangkut dengan ketidak hadiran pengurus dan anggota karena halangan, “Sehingga mereka tidak hadir secara fisik kegiatan ini, akan tetapi kami masih memeberikan waktu sampai tanggal satu nanti untuk mereka berkungjung ke KPU melakukan vaktualisasi, dengan demikian secara keseluruhan Parpol sesuai persyaratan administrasi dan kemitraan ini terjqlin dengan baik sampai pada waktunya,” terang Ewin.

(Ryan)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*