PLN Hadirkan Listrik 24 Jam Nonstop Selama 20 Tahun Di Pulau Simatang

Liputanbmr.com, Tolitoli – PT PLN (Persero) berhasil mencatat prestasi gemilang dengan menyediakan listrik nonstop 24 jam selama 20 tahun di Pulau Simatang, Kabupaten Tolitoli. Ini merupakan bukti konkret dari komitmen pelayanan PLN kepada masyarakat di daerah terpencil, di mana Pulau Simatang adalah satu-satunya pulau yang berlistrik di kabupaten tersebut.

Sejak hadir pada tahun 1998 di Pulau Simatang dengan jam nyala listrik hanya 6 jam, seiring berjalannya waktu. PLN terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di pulau terpencil. Dan upaya tersebut dirasakan pada tahun 2004, Pulau Simatang diterangi oleh listrik selama 24 jam setiap harinya. Upaya ini membutuhkan perjalanan darat selama 4 jam dari Pusat Kabupaten Tolitoli dan menyeberangi lautan selama 45 menit menggunakan sarana transportasi perahu rakyat.

Prestasi PLN di Pulau Simatang tidak luput dari pengakuan, di mana pada tahun 2014, PLN Simatang mewakili UID Suluttenggo sebagai penerima penghargaan Unit Layanan Terpencil Terbaik Tahun 2014. Saat ini, daya mampu PLN di Pulau Simatang mencapai 76 kW dengan beban puncak 45 kW pada malam hari, menciptakan surplus sebesar 31 kW.

Kepala Desa Simatang Tanjung, Sulaiman Tuyung, menyatakan rasa terima kasihnya kepada PLN atas kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Pulau Simatang.

“Kami sangat berterima kasih kepada PLN telah menghadirkan listrik 24 jam di Pulau Simatang sehingga masyarakat bisa beraktivitas dan anak-anak juga bisa belajar dengan baik pada malam hari. Luar biasa, PLN,” ujar Sulaiman Tuyung dengan penuh apresiasi.

Sumber : PLN Sulutenggo

Editor : Redaksi

 

Check Also

Pimpin Apel Gabungan Bulan Juli 2024, Bupati Asahan Serahkan Penali Asih

ASAHAN, LIPUTANBMR – Bupati Asahan, H Surya, memimpin Apel Gabungan Bulan Juli 2024 di Aula …