Tiga Tahun Berturut-turut, Komunitas Pemuda Lapambo Matali Sembelih Sapi Kurban 

Komunitas Lapambo saat membagikan daging sapi kurban Idul Adha 1445 Hijriah

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU Semarak kegembiraan Idul Adha 1445 Hijriah, Komunitas Pemuda Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu yang tergabung dalam komunitas Lapambo, kembali melaksanakan ibadah kurban.

Hal ini dibuktikan komunitas yang nahkodai Syahrial Simbala selaku Ketua dan Khan Simbala sebagi bendahara dengan ikut berkurban dalam Idul Adha 1445 Hijriah.

Ketua Komunitas Lapambo, Syahrial Simbala

Ketua Komunitas Lapambo, Syahrial Simbala, mengatakan, Idul Adha tahun ini, komunitas Lapambo turut menyumbang hewan kurban 2 ekor sapi.

“Program ini sudah kami laksanakan selama 3 tahun berturut-turut dan tahun ini kami menyumbang 2 ekor sapi kurban,” kata Syahrial, Senin (17/6/2024).

Sementara itu, Bendahara Komunitas Lapambo, Khan Simbala, menambahkan bahwa uang pembelian sapi kurban diperoleh dari partisipasi seluruh anggota.

“Anggota komunitas Lapambo saat ini ada 47 orang, dalam sebulan per orang menyisihkan Rp50.000, total uang yang terkumpul selanjutnya kami belikan sapi kurban,” ujar Khan.

Bendahara Komunitas Lapambo, Khan Simbala saat menyerahkan hewan kurban secara simbolis

Khan berharap, program yang dilaksanakan komunitas Lapambo ini, bisa memotivasi sekaligus menggugah kesadaran generasi muda lainnya akan pentingnya berkurban sebagai bagian dari ibadah dan rasa syukur kepada Allah SWT. 

“Semoga apa yang kamu lakukan ini bisa menjadi contoh bagi generasi-generasi muda di Kota Kotamobagu dan semoga juga bantuan hewan kurban ini bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama golongan yang berhak menerima,” harapnya.

Program yang dilaksanakan komunitas Lapambo Kelurahan Matali ini mencerminkan  partisipasi dan kesadaran generasi muda dalam ibadah kurban dan kepedulian sosial serta budaya yang kuat di masyarakat. 

Generasi muda yang melek berkurban bukan hanya menunaikan ibadah, tetapi juga turut membangun bangsa melalui aksi nyata dan kepedulian terhadap sesama.

Untuk diketahui, sebelum pelaksanaan penyembelihan, Komunitas Lapambo yang diwakili Bendahara Khan Simbala menyerahkan secara simbolis sapi kurban kepada Pemerintah Kelurahan melalui PHBI Kelurahan Matali.

Anggota Komunitas Lapambo Kelurahan Matali

Pantauan awak media, usai disembelih di Lapangan Mini Kelurahan Matali, daging hewan kurban selanjutnya dibawa ke Masjid kelurahan setempat untuk dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

Sementara itu, Rafik Mokoagow selaku Ketua RW sekaligus pengurus PHBI Kelurahan Matali, menyampaikan apresiasi kepada komunitas Lapambo lewat aksi nyata menyumbangkan hewan kurban pada pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

“Selaku perangkat kelurahan sekaligus pengurus PHBI tentunya kami menyampaikan terima kasih kepada pemuda Matali yang tergabung dalam komunitas Lapambo atas sumbangan 2 ekor sapi kurban. Semoga program ini akan menjadi motivasi bagi pemuda lainnya untuk berlomba-lomba dalam ibadah dan semoga juga niat ikhlas dari adik-adik pemuda ini diganjar pahala oleh Allah SWT.

Penulis: Mira Manangin

Check Also

Asisten I Pemkot Kotamobagu Minta Lurah dan Kades Maksimalkan Penagihan PBB

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU – Hingga awal triwulan III tahun anggaran 2024, realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah atau …