Pengecekan suhu badan jamaah, sebelum memasuki area Shalat oleh Panitia

Terapkan Prokes, Shalat Idul Adha di Kelurahan Biga Berlangsung Khidmat

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU– Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah, Pemerintah dan masyarakat muslim di Kelurahan Biga Kecamatan Kotamobagu Utara, berlangsung khidmat dengan penerapan Protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Jumat (31/7/2020).

Pantauan media ini, sebelum memasuki area shalat, satu persatu jamaah dilakukan pengecekan suhu badan menggunakan alat thermometer serta diwajibkan menggunakan masker. Tak hanya itu, panitia juga menyediakan tempat cuci tangan dan sabun.

Selain penyediaan tempat pencucian tangan, pemeriksaan suhu tubuh jamaah juga dilakukan panitia

Shalat yang digelar di lapangan kelurahan setempat, dipimpin Imam Rusly Korompot, S. Ag, dan bertindak selaku khatib Ilham M. Lobud, dengan tema khotbah Idul Adha dalam Spiritualitas Iman.

Dari khotbah singkat yang disampaikan, dipetik hikmah berkurban yakni membuang sifat kebinatangan yang ada dalam diri manusia. Jadi, bukan sebatas menyembelih saja, namun membuang sifat-sifat ketamakan, sombong, egois maupun semua tatanan yang mengganggu kalbu manusia.

Hikmah Khotbah singkat yang sampaikan Khotib, Ilham M. Lobud.

Sementara itu, ditemui usai shalat, Lurah Biga Ronald Mokoginta, SIP, mengatakan jumlah hewan qurban di Kelurahan Biga untuk Idul Adha tahun ini berjumlah 14 ekor.

“Untuk saat ini resmi terlapor jumlahnya 14 ekor, terdiri dari 3 ekor sapi dan 11 kambing. Namun jumlah ini kemungkinan akan bertambah, karena masih ada beberapa yang belum melapor,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Ronald, untuk lokasi penyembelihan sendiri disebar di sejumlah tempat. Hal ini guna mengantisipasi kerumunan orang banyak di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Jadi untuk penyembelihan dan penyaluran daging hewan qurban kita bagi di sejumlah tempat, agar tidak terjadi penumpukan orang,” tandasnya.(HM)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*