Muallaf se-Kotamobagu Diberi Pembinaan dan Konsep Pengobatan Nabi

LiputanBMR.com, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar kegiatan pembinaan Muallaf se-Kotamobagu dan pengenalan Thibbun Nabawi. Kegiatan dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu, Selasa (17/09/2019).

Kegiatan ini turut dihadiri Kabag Kesra Adin Mantali, Kepala Kemenag Kotamobagu, Ketua Baznas Kotamobagu, para pelatih Pengobatan Thibbun Nabawi serta tamu undangan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, Setda Kota Kotamobagu, Adnan Massinae. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa digelarnya kegiatan ini adalah untuk berbagi ilmu dan saling tukar pikiran.

“Ini bukan termasuk kegiatan dakwah, tetapi hanya sharing atau tukar pikiran, lebih tepatnya ini adalah diskusi menambah ilmu, bukan mencari perbedaan tetapi titik temu,” ujar Adnan.

Selain Sharing kata Adnan, ada juga sosialisasi pengobatan thibun nabawi atau istilah dalam Islam yaitu pengobatan Nabi, pengobatan ini tanpa menggunakan bahan kimia.

“Kalau pengobatan medis biasanya menggunakan alat kimia, namun pengobatan Nabi tidak pakai alat itu, karena pengobatannya metode Ruqiyah. Jika pasien kena racun dalam tubuh dan mengalami kerasukan maka bisa disembuhkan dengan pengobatan Ruqiyah,” kata Adnan.

Lebih lanjut Adnan menjelaskan lagi, kalau pengobatan mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh diistilahkan di rumah sakit adalah transfusi darah, sedangkan pengobatan Nabi dinamakan Bekam. Tujuan pengobatannya sama-sama mengeluarkan darah kotor.

“Tujuannya sama, namun prosesnya berbeda. Secara medis, darah kotor disedot dan dikeluarkan, kemudian minum obat mengandung kimia, memang obat diminum membongkar darah dan dikeluarkan lewat buang air, tetapi zat kimia masih tertinggal di tubuh dan prosesnya lama. Kalau bekam darah disedot juga, namun tidak menggunakan zat kimia dan prosesnya lebih cepat dibandingkan pengobatan medis,” tutur Adnan.

(Febri)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*