Mocil Kembali Mempertahankan Juara Lomba Monuntul Kota Kotamobagu

LiputanBMR.com, Kotamobagu – Pesona Monuntul Kota Kotamobagu 2019, kembali dipertahan kelurahan Motoboi Kecil sebagai juara bertahan tingkat kelurahan desa se Kota Kotamobagu, Selasa (11/6/2019).

Dalam hasil penilaian lomba tersebut, tim juri yang beranggotakan tujuh orang mengeluarkan hasil nilai tertinggi dan memberikan juara pertama kepada Kelurahan Motoboi Kecil, juara 2 Desa Poyowa Besar I dan juara 3 Kelurahan Matali.

Keluarnya Kelurahan Motoboi Kecil sebagai juara pertama berdasarkan penilaian yang kami ambil dari tiga kriteria yakni, tingkat partisipasi dan antusiasme masyarakat sebesar 40 persen, kemudian kreasi lampu hias listrik dan lampu botol (tuntul) 25 persen serta kratifitas dan keserasian dalam penataan tuntul dan lampu hias 35 persen,” kata ketua tim juri, Jainudin SP.

Dirinya menjelaskan, desa dan kelurahan yang mengikuti festival pesona monuntul Ada beberapa desa dan kelurahan jika dilihat di satu titik pusat kegiatan Monuntul sangat cantik, indah serta tingkat kreasi yang tinggi. Tapi, saat tim juri menilai di lorong-lorong atau jalan lain di desa/kelurahan itu, tingkat partisipasi masyarakat sangat rendah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos) Setda Kotamobagu, Adin Mantali menyampaikan ucapan terima kasih terhadap desa dan kelurahan yang ikut berpartisipasi dalam festival pesona monuntul 2019.

“Selamat kepada kelurahan dan desa yang keluar sebagai juara. Semoga dengan kegiatan ini dapat memberi warna tersendiri sehingga kelestarian budaya tetap terjaga,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Kotamobagu menyiapkan uang tunai dengan total Rp82.500.000 dalam lomba festival pesona monuntul tahun 2019. Dengan estimasi untuk Juara 1 Rp25 juta, juara 2 Rp20juta, juara 3 Rp15 juta, harapan 1 Rp10 juta, harapan 2 Rp7,5 juta dan harapan 3 Rp5 juta.

Sementara itu ketua pemuda kelurahan Motoboi Kecil Yudi Dilapanga mengatakan”Saya sangat bersyukur karna juara pesona monuntul tahun ini msih tetap di pertahankan, tapi ini smua atas kerjasama antara masyarakat yg ikut berpartisipasi dalam memasang lampu botol di depan rumah masing-masing dan juga saya sangat berterima kasih kepada pemuda remaja mesjid karena berkat kerja dan kekompakan kami berhasil mempertahankan gelar juara dan tak luput juga saya sangat berterimakasih kepada seluruh sponsor yg sudah membantu dgn iklas kegiatan pesona monuntul ini sampai mendapatkan hasil yang maksimal”pungkasnya.

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*