Klenteng Tian Shang Sheng Mu Khung, Kota Kotamobagu

Jelang Imlek 2571, Puluhan Arca di Klenteng Tian Shang Sheng Mu Khung Dibersihkan

Proses pembersihan Arca Dewa-Dewi di Klenteng Tian Shang Sheng Mu Khung, Kotamobagu.

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU— Jelang perayaan Imlek 2571, warga keturunan  Tionghoa bersama Pengurus Klenteng Tian Shang Sheng Mu Khung Kota Kotamobagu yang dipimpin langsung Ketua Klenteng Henny Lapian, melaksanakan ritual memandikan Arca Dewa-Dewi, Senin (13/01/2020)

Kepercayaan masyarakat Tionghoa, ritual membersihkan atau memandikan arca sebelum Imlek ini, dipercaya bisa membawa berkah di tahun mendatang. Untuk tahun ini, imlek akan dirayakan pada tanggal 25 Januari 2020 dalam penanggalan Tionghoa memasuki tahun 2-5-7-1.

Pantauan media ini, sebelum memandikan arca-arca tersebut, terlebih dahulu dilakukan prosesi sembahyang yang dipimpin Rommy Kim dan diikuti umat dan pengurus klenteng lainnya.

Usai dibersihkan dengan air sabun, arca-arca ini kemudian dibilas dengan air kembang guna menimbulkan aroma wewangian. Selanjutnya, dikembalikan dan ditempatkan sesuai tingkatannya di altar, dan dikenakan jubah yang sebelumnya dicuci dan disetrika.

Klenteng Tian Shang Sheng Mu Kung yang terletak di Jalan Baru Kelurahan Mongkonai Barat ini, merupakan tempat ibadat umat Tri Dharma Kota Kotamobagu yang sudah berdiri sejak lama dengan tampilan sejumlah ornamen tua, seperti tiang kayu ulin yang masih berdiri kokoh di dalam bangunan klenteng.(HM)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*