Jelang Idul Adha 2019, Dispertanak Kotamobagu Awasi Hewan Kurban Dapat Dipastikan Layak Dikonsumsi

LiputanBMR.com, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Dispertanak) terus melakukan pengawasan terhadap hewan kurban. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hewan yang tidak layak dikonsumsi setelah disembeli dihari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, tahun 2019.

Hal itu, diungkapkan Kepala Diapertanak Kotamobagu, Muljadi Surotenojo, menurutnya hewan sebelum dikurban pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terlebih dahulu, mengingat meningkatnya jumlah hewan yang masuk di Kotamobagu dari berbagai daerah maka dipastikan bebas dari penyakit yang membahayakan ketika dikonsumsi manusia.

“Tujuan pemeriksaan tersebut untuk memastikan hewan yang bakal dikurban benar-benar sehat dan bebas dari virus sehingga layak dikonsumsi,” kata Muljadi, senin (15/07/2019).

Masih kata Muljadi, karena itu menjelang hari raya ini, pihaknya lebih meningkatkan pengawasan secara rutin serta pemeriksaan hewan kurban baik di pasar maupun di Kelurahan/Desa.

“Pegawasan pun bukan saja hari raya, tapi pada hari biasa kami juga melakukan pengawasan karena sudah menjadi tugas kami,” kata Muljadi.

Katanya lagi, saat ini pihaknya telah menurunkan petugas untuk mengawasi kondisi hewan ternak di lapangan. Meski demikian, ia juga meminta kepada masyarakat kalau terdapat hewan yang tidak sehat secepatnya dialporkan ke Dispertanak agar dapat teratasi dengan segerah, Muljadi memungkasi. (Febri)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*