Wali Kota Kotamobagu Ir. Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, SH.

Dua Tahun Kepemimpinan TBNK, Bergerak Cepat Untuk Kotamobagu Cerdas

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU— Terhitung sejak dilantik Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey pada tanggal 25 September 2018, hari ini Jumat (25/9/2020) Pemerintahan Wali Kota Ir. Tatong Bara, dan Wakil Wali Kota Nayodo Koeniawan, SH, genap berusia 2 tahun.

Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kotamobagu menetapkan pasangan ini, sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2018 – 2023 pada 26 Juli 2018,  setelah mendapat kepercayaan masyarakat Kotamobagu melalui pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tanggal 27 Juni 2018 silam.

Pasangan TBNK saat dilantik Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey pada tanggal 25 September 2018

Menjadikan Kota Kotamobagu, sebagai Kota Jasa dan Perdagangan Berbasis Kebudayaan Lokal, Menuju Masyarakat Sejahtera dan Berdaya Saing, menjadi Visi Pemerintahan TBNK, yang kemudian dijabarkan dalam beberapa misi.

Pertama,  Meningkatkan Kualitas Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Modal Sosial melalui Pemberdayaan Masyarakat. Kedua, Meningkatkan Daya Saing Daerah secara Berkelanjutan dengan Inovasi dan Kreatifitas yang Berbasis Potensi Ekonomi Daerah dan Berwawasan Lingkungan. Ketiga, Meningkatkan Pelayanan Publik yang Berbasis Kebutuhan Masyarakat dengan Pendekatan data Rill didukung Teknologi Informasi dan Tata kelola yang baik.

Wali Kota Ir. Tatong Bara saat menerima penghargaan Adipura

Berdasarkan data BPS Kotamobagu, pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan tahun 2018 berada pada angka  2,254, naik dari tahun sebelumnya yang tercatat 2,213.

Sementara untuk Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku berada pada 26,510 naik dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 24,110. Sedangkan jumlah penduduk miskin tahun 2019 sebesar 5,71, mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya sebesar 5,96.

Dari sisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan dari tahun 2018 sebesar 72,55 naik menjadi 73,22 pada tahun 2019.  Angka-angka tersebut secara langsung menunjukan kinerja pemerintahan TBNK yang terus memantapkan daerah ini menuju Kota Kotamobagu yang lebih baik.

Maknai 2 tahun kepemimpinan TBNK yang digelar secara virtual, Wali Kota Ir. Tatong Bara dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa syukur. Dimana, bersama Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, SH, telah genap dua tahun menjalankan amanah dari masyarakat Kotamobagu.

Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, SH, saat menerima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

“Alhamdulilah dalam kurung dua tahun terakhir ini, berbagai aspek pembangunan Kotamobagu terus memperlihatkan perkembangan serta capaian yang sangat mengembirakan. Semua capaian prestasi dan keberhasilan, tentunya merupakan hasil dari senergitas yang baik antara pemerintah daerah, DPRD Kotamobagu, Forkompinda, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Parpol, Pimipinan BUMN dan BUMD, Perbankan, Pihak Swasta, serta seluruh elemen masyarakat di Kotamobagu,” ucapnya.

Wali Kota Ir. Tatong Bara bersama Ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag, ST, saat penyerahan LHP Tahun 2019

Berikut sederet prestasi yang telah ditorehkan pasangan TBNK kurun waktu 2 tahun sejak dilantik:

  • Penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2018.
  • Penghargaan Sekolah Ramah Anak , sebagai terbaik nasional, untuk kategori Madrasah Aliyah, yang diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri satu Kotamobagu, diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Prof. DR. Yohana Yembise, kepada Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara.
  • Wali Kota mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, sebagai Kepala Daerah yang mendukung kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas melalui surat edaran.
  • Penghargaan like terbanyak video outdoor classroom day tingkat nasional tahun 2018.
  • Penghargaan Satyalencana Pembangunan dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Pusat Tahun 2018. Ini adalah penghargaan terhadap kepala deaerah, atas kepeduliannya terhadap masalah kependudukan.
  • Pemkot Kotamobagu Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara, sebagai daerah Peringkat ke – 3, se – Sulawesi Utara. Penghargaan diberikan, berdasarkan sejumlah indikator penilaian, yakni diantaranya adalah terbentuknya PPID, pelayanan informasi publik, tersedianya daftar informasi publik, serta tersedianya Website resmi milik badan publik.
  • Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia, Penghargaan diberikan atas berbagai kriteria penilaian, yakni terpenuhinya Hak atas Kesehatan, Hak atas Pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, Hak atas Kependudukan, Hak atas Pekerjaaan, Hak atas Perumahan yang Layak, serta Hak atas Lingkungan yang berkelanjutan
  • Penghargaan dari BPJS kepada Pemkot Kotamobagu yang telah mampu menjamin rakyatnya sehat dan sejahtera melalui integrasi Jamkesda dalam program JKN-KIS
  • Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan atas peran aktif dan kepedulian terhadap perlindungan pegawai pemerintah bukan aparatur sipil negara dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan
  • Diraihnya Penghargaan Adipura. Penghargaan ini diberikan kepada daerah di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.
  • Kembali memperoleh Penghargaan kota layak anak yang diterima langsung oleh Wali Kota Ir Hj Tatong Tatong Bara. Penghargaan diberikan kepada Kota Kotamobagu  karena dinilai mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak, melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan.
  • Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda. Ini adalah apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan Program KKS. Program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya.
  • Penghargaan dari KemenpanRB atas hasil evaluasi kinerja pemerintah daerah tahun 2018.
  • Penghargaan sebagai peringkat kedua sanitasi terbaik se Sulawesi Utara.
  • Penghargaan dari kementerian keuangan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.
  • Piagam penghargaan dari kantor wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan provinsi Sulawesi Utara sebagai peringkat ketiga atas pengelolaan Dana Alokasi Khusus fisik tahun 2019
  • Pengharagaan dari BKN regional SulutGo-Malut sebagai kota pengelolaan pembangunan manajemen talenta ASN pemerintah kabupaten/kota terbaik
  • Penghargaan kepada Puskesmas Gogagoman yang menjadi satu-satunya Puskesmas yang mendapatkan akreditas paripurna se Sulut
  • Penghargaan dari kemendagri karena mampu melakukan integrasi eplanning dengan SIPD.
  • Penghargaan sebagai daerah dengan laporan program kesehatan terbaik kabupaten/kota tingkat provinsi Sulut.
  • Penghargaan kepada Puskesmas Motoboi Kecil sebagai Puskesmas berprestasi se Sulawesi Utara
  • Penghargaan kepada Dinas Kesehatan sebagai surveylans terbaik se Sulawesi utara.
  • Penghargaan puskesmas pembantu Kelurahan Mongkonai sebagai pustu terbaik se Sulut
  • Penghargaan terhadap SMA Negeri 3 Kotamobagu yang telah meraih peringkat satu sekolah sehat.
  • Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2019.
  • Kembali Kotamobagu meraih penghargaan WTP Yang ke-7 Kalinya Dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Kotamobagu Tahun 2019.
  • Penghargaan Anugerah Sensanitasional Award Tahun 2020 Kategori Kota Terbaik peringkat pertama tingkat Sulawesi Utara. Tahun sebelumnya Kota Kotamobagu berada pada peringkat kedua.
  • Menjadi Kota terbaik pertama Perencanaan Pembangunan daerah tingkat Sulawesi utara Tahun 2020. Kotamobagu dinilai memenuhi indikator keterkaitan perencanaan dengan dokumen RPJMD, Prioritas Nasional, Prioritas Provinsi, Konsistensi perencanaan dan hasil evaluasi dan permasalahannya, serta penerapan inovasi daerah. Tahun 2018 Kotamobagu masuk sebagai nominator Perencanaan Pembangunan Daerah tingkat Nasional.
  • Atas Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kota Kotamobagu diganjar Penghargaan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Award Tahun 2019. Pemkot Kotamobagu meraih predikat B dengan nilai 66,16 dan berada di peringkat 2 se-Provinsi Sulawesi Utara dibawah Kota Manado yang meraih predikat B.
  • Opini WTP Atas Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Kota Kotamobagu secara terus menerus, oleh Kementrian Keuangan RI diapresiasi penghargaan WTP minimal  lima kali berturut turut kepada Pemerintah Kota Kotamobagu, bersama 47 kota lainya.

Berbagai penghargaan yang sudah diraih, merupakan apresiasi Pemerintah Pusat maupun Provinsi atas kerja kerja manajerial Wali Kota Ir. Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, SH, yang didukung sepenuhnya masyarakat Kota Kotamobagu. Selamat atas dua tahun Kepemimpinan TBNK. Bergerak cepat untuk Kotamobagu cerdas.

(Adv/Hendrawan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar