Camat Sebagai Kotamobagu Jadi Timpora

LiputanBMR.com, Kotamobagu – Direktorat Jenderal Imigrasi secara resmi menggukuhkan camat di empat kecamatan yang ada di Kotamobagu sebagai Tim Pengawasan Orang Asing (TimPora), di Kantor Imigrasi Kelas III Kotamobagu, Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur, Senin (05/12/2018).

Direktur Jenderal Imigrasi Dr Ronny F Sompie SH MH mengatakan, Tim Pora sesuai amanat dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, memberikan mandat kepada Menteri Hukum dan HAM untuk membentuk dari pusat, provinsi, kabupaten sampai tingkat kecamatan.

“Harapannya melalui wadah Tim Pora ini, bisa ada kerja sama, kolaborasi, saling tukar menukar informasi untuk melakukan pengawasan orang asing sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi kementerian, lembaga di daerah termasuk pemda,” ujar Ronny

Menurutnya, dengan adanya undang-undang dapat menjadi dasar hukum dari masing-masing instansi untuk bisa melakukan penegakan hukum apabila seseorang termasuk orang asing melakukan perbuatan melanggar hukum.

“Imigrasi memberikan informasi tentang data perlintasan keberadaan orang asing yang datang termasuk yang sudah berangkat ke luar negeri pulang ke negaranya,” ujarRonny.

Demikian juga kalau ada kemungkinan informasi keberadaan orang asing yang akan melakukan pelanggaran hukum. Ini membutuhkan wadah bersama yaitu Tim Pora.

“Karena kantor imigrasi itu belum sampai di tingkat kecamatan, maka kita bekerja sama dengan Pemda melalui para camat untuk membuka sekretariat Tim Pora di kantor kecamatan. Di sanalah mereka bisa saling bertemu silaturahmi, sambil tukar menukar informasi dan bisa menggunakan informasi yang mereka dapatkan untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing. Media pun bisa menjadi unsur pemberi informasi yang bisa ditindaklanjuti oleh setiap instansi pemerintah yang ada,” ujar dia.

Empat camat di Kotamobagu yakni Kotamobagu Barat, Kotamobagu Timur, Kotamobagu Utara, dan Kotamobagu Selatan resmi dikukuhkan. (Win)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*