Oknum Caleg Tertangkap Edarkan Uang Palsu

LiputanBMR.com, Kotamobagu – Kepolisian Resort (Polres) Kotamobagu mengelar Press Release Peredaran Uang Palsu, Senin (03/11/2018). Dengan menghadirkan dua pelaku tersangka yakni MM alias Man (54) dan RM alias Ris (21), satu diantara tersangka merupakan Calon Legislatif (Caleg).

Kapolres Kotamobagu, AKBP Gani F Siahaan, menyampaikan kronologi berawal dari pelaku yang membeli bahan bakar minyak di salah satu SPBU di Kecamatan Lolak pada sekitar Rabu (21/11/2018) pukul 10:30 WITA dengan mengunakan uang palsu pecahan 50ribu.

“Setelah itu dari Pihak SPBU merasa curiga bahwa uang yang digunakan pembayaran merupakan uang palsu. Kemudian melaporkan ke Polsek Bolaang dan dilakukan pengejaran kepada pelaku dan menemukan barang bukti uang palsu sebanyak 500rb dengan pecahan 50ribu,” ungkap Gani.

Setelah dilakukan penelusuran mendalam oleh Polres Kotamobagu, akhirnya kembali menemukan barang bukti senilai 27 juta dengan pecahan 50 ribu dan menyita Handphone serta mobil punya tersangka.

“Untuk pembuatan uang palsu dari keterangan saksi dan keterangan tersangka, uang palsu di dapat dari luar pulau Sulawesi tepatnya di Pulau Jawa. Kami juga akan menelusuri keberadaan uang palsu tersebut sampai kemana dan siapa pembuat uang palsu dan dibuat dari percetakan mana,” ungkapnya.

Dari pengakuan tersangka mendapatkan uang palsu dari membeli dengan perbandingan 1:2 yaitu uang asli 1 juta mendapat uang palsu 2 juta.

Untuk pasal dipersangkakan kepada pelaku mengunakan pasal 36 ayat 2 atau ayat 3 UU RI Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, dengan ancaman hukuman diatas lima tahun.

Menurut keterangan tersangka peredaran uang palsu baru di wilayah Kecamatan Bolaang, dan baru satu kali digunakan untuk membeli BBM di SPBU, sedangkan uang palsu 27 juta masih disimpan tersangka dan belum dilakukan transaksi.

Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menerima uang, untuk lebih di cek secara detail dengan cara dilihat, diraba dan diterawang agar tau uang tersebut asli atau palsu. (win)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*