Pengecekan pasukan oleh Wabup Oscar Manoppo dan Kapolres AKBP Irham Halid SIK (Foto: Istimewa)

Sinergitas, Pemkab-Polres Boltim Gelar Apel Siaga Tanggap Bencana

LIPUTANBMR.COM, BOLTIM— Gandeng sejumlah unsur terkait, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim menggelar apel pasukan kesiap-siagaan tanggap bencana yang dilaksanakan di Halaman Markas Komando (Mako) Polres Boltim, Selasa 20 April 2021.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Oscar Manoppo menyampaikan, bahwa untuk kesiap-siagaan tanggap bencana ini, Pemkab siap mengerahkan semua personil tanggap darurat seperti Dinas kesehatan, Satpol PP/Damkar, BPBD, Dinas Sosial, PMI. “Selain itu, kami juga berharap koordinasi dari tingkat kecamatan dan desa agar selalu melaporkan kondisi di masing masing wilayahnya,” kata Wabup.

Wabup pun meminta masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. “Terlebih bagi warga yang bermukim di sekitar bantaran sungai, pegunungan agar lebih berhati-hati saat musim penghujan disertai angin kencang, karena bisa saja terjadi banjir dan longsor. Semoga Boltim selalu dalam lindungan Allah SWT,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK, mengatakan, giat yang dilaksanakan dalam rangka melakukan pengecekan kesiapan dari personil dan kelengkapan peralatan untuk mengantisipasi kejadian bencana di wilayah Kabupaten Boltim.

“Kami dari jajaran Polres Boltim bersama-sama dengan pemerintah daerah kemudian Kodim 1303 Bolaang Mongondow, melakukan apel gelar pasukan kesiap-siagaan tanggap bencana,” ungkapnya.

Melalui apel tersebut, dirinya berharap akan tercipta sinergitas, kerjasama, komunikasi, koordinasi serta kolaborasi yang baik antara pihak-pihak terkait. Baik dari kepolisian, TNI maupun Pemerintah Daerah dalam hal penanganan ataupun penanggulangan bencana alam.

“Kita harus saling bersinergi dalam penanggulangan bencana ini. Seperti bagaimana ataupun apa yang harus dilakukan oleh pihak TNI-Polri, Pemerintah Daerah melalui dinas terkait harus tergambarkan dengan jelas, sehingga mekanisme penanganannya bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Apel melibatkan semua stake holder seperti unsur Polri, TNI dan Pemda Boltim mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Sat Pol-PP, BPBD, PMI,  yang dihadiri Wakil Bupati Boltim Oskar Manoppo, Pabung Boltim, Mayor Inf Yopi Tijow, Asisten II Pemkab Boltim, M.R Alung, Asisten III Pemkab Boltim, Rusmin Mokoagow, Kaban BPBD Elvis Siagian, Kasat Pol-PP Saipudin Mokoagow.(*/Wan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar