Serahkan SPPT, Ini Harapan Wabup Bagi Para Sangadi

LIPUTANBMR.COM, BOLTIM
Wakil Bupati Oskar Manoppo mengimbau, seluruh Sangadi (Kepala Desa/red) untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dalam hal pengelolaan keuangan di Desa, guna meminimalisir kesalahan administrasi penggunaan anggaran.

Hal ini disampaikanya, usai menyerahkan secara simbolis Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan, Perkotaan (PBB-P2), kepada tujuh perwakilan Desa di Tujuh Kecamatan se-Kabupaten Boltim, yang digelar di Kantor Bupati Boltim, Jumat 16 April 2021.

“Berdasarkan laporan yang masuk, masih ada beberapa desa yang Dandesnya belum diposting. Ini disebabkan karena kelalaian desa itu sendiri tidak mau berkoordinasi dengan Badan Keuangan. Dengan begitu, tentu akan menghambat pembangunan di desa yang bersumber dari Dandes itu sendiri,” kata Wabup.

Terkait hal ini, Wabup pun menegaskan kepada seluruh Sangadi, supaya dapat mempercepat penagihan PBB di masing-masing Desa. Jika terdapat permasalahan di lapangan, maka Pemerintah Desa diminta secepatnya melaporkan ke Badan Keuangan.

“Jika dalam penagihan aparat Desa menemui masalah seperti NJOP yang tidak sesuai atau lain sebagainya, segeralah melapor ke Badan Keuangan, agar dapat segera diselesaikan,” tegasnya.

Disisi lain, Wabup berharap dalam pekerjaan fisik yang menggunakan Dandes, sebisa mungkin memberdayakan masyarakat yang ada di desa masing-masing. Sehingga, uang yang bersumber dari Dandes akan berputar di desa itu sendiri.

“Kecuali pekerjaan yang mengharuskan menggunakan alat berat, tentu harus menyewa alat berat dari luar, tapi itu kan bayarannya hitung per jam. Jadi Saya berharap untuk pekerjaan manual yang membutuhkan tenaga harian, sebisa mungkin menyewa jasa tenaga kerja harian di Desa masing-masing,” harap Wabup. (Hendrawan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar