Progres Realisasi Pemanfaatan APBDes Capai 80 Persen

LiputanBMR.com, BOLTIM – Capaian atau serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2020 di 81 Desa se-Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mencapai progres realisasi angka diatas 80 persen.

Hal sebagaimana diungkapkan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rusli Dajoh. Menurutnya, sampai triwulan keempat bulan November tahun 2020 penyerapan anggaran DD rata-rata sudah berada diatas 80 persen.

“Baik kegiatan fisik, operasional dan lainnya sesuai dengan Rencana Kegiatan Anggaran Desa (RKADes),” ucapnya.

Rusli menjelaskan, capaian tersebut terukur dari laporan dan data yang berhasil dirangkum oleh pihak PMD di seluruh Desa. “Berdasarkan laporan dan data yang kami terima dari setiap desa, sampai sekarang serapan pengelolaan APBDes ini harus kami akui capaiannya masih tergolong cukup baik,” kata Dajoh.

Sementara dengan adanya capaian tersebut, sampai akhir tahun anggaran 2020, semua desa pengelola APBDes dapat terserap secara maksimal. “Meskipun begitu, Dinas PMD akan terus melakukan pengawasan rutin baik administrasi maupun kegiatan di lapangan,” ucapnya

Lanjutnya, untuk serapan APBDes tahun sedikit mengalami hambatan karna adanya pandemi Covid-19. Salah satunya dari sektor Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Salah satu BUMDes yang bergerak disektor usaha pariwisata dan simpan pinjam yang ada di desa. Tidak bisa dipungkiri, dampak Covid maka pendapatan BUMDes dari usaha pariwisata serta simpan pinjam menurun dan melambat,” tutupnya. (*)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar