Penyaluran BLT Pemdes Nuangan Satu

LiputanBMR.com, BOLTIM – Upaya pengendalian dampak Covid-19 terhadap masyarakat masih berlanjut. Melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT) ketentuan baru mulai direalisasikan Pemerintah Desa Nuangan Satu, Kecamatan Nuangan, Jumat (13/11).

Sebanyak 69 Kepala Keluarga (KK) yang layak mendapatkan bantuan BLT menerima penyaluran hak oleh Kepala Desa Nuangan Satu, Fuad Bazmul yang dilaksanakan di Kantor Desa setempat.

Sebelumnya, para penerima BLT tersebut masing – masing KK mendapatkan dana Rp600 ribu. Sementara, pada ketentuan baru ini dengan ketersedian anggaran Desa, setiap penerima mendapatkan Rp300 ribu oleh Pemdes Nuangan Satu.

Meskipun demikian, menyesuaikan dengan tahapan atau proses pencairan anggaran ditahap dua penyaluran BLT mulai terhitung bulan September dan Oktober disalurkan selama dua bulan.

“Dari 69 penerima, setiap penerima itu kami berikan BLT selama dua bulan, yaitu bulan September dan Oktober sebanyak Rp600 ribu perorang,” ungkap Kepala Desa Nuangan Satu, Fuad Bazmul saat kegiatan penyaluran.

Menurut Fuad, setelah dihitung sisa anggaran yang ada capaian untuk BLT tersebut bisa menjangkau selama empat bulan, dengan artian penerimaan BLT berlanjut sampai bulan November dan Desember kedepan.

“Jadi kita patut bersyukur karna anggaran desa Nuangan Satu masih mencukupi untuk penyaluran sampai akhir tahun. Mengingat kelangsungan atau berakhirnya Covid-19 belum diketahui kapan, sehingga itu tidak menutup kemungkinan di tahun 2021 akan datang masih ada penyaluran BLT,” jelasnya.

Akan tetapi lanjut Fuad, sesuai ketentuan regulasi setiap tahunya, akan dilihat seperti apa petunjuk teknisnya atau Juknis dan mekanisme berdasarkan kriteria.

“Kita tinggal penyesuaian dengan mekanisme seperti apa, baik siapa yang layak atau tidaknya kita menunggu regulasi yang baru. Intinya, untuk penyaluran BLT ini bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya untuk kebutuhan hidup rumah tangga,” imbuhnya.(Adv)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar