Kepala BPBD Boltim Elvis Siagian

Hadapi Cuaca Ekstrim, Kepala BPBD Boltim Minta Warga Tetap Waspada

LIPUTANBMR.COM, BOLTIM— Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu 18 April 2021, mengakibatkan sejumlah rumah penduduk di wilayah Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terendam banjir.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim, Elvis Siagian,  saluran drainase yang sudah tidak bisa menampung debit air menyebabkan air meluap ke badan jalan hingga menggenangi sejumlah rumah warga di Desa Kayumoyondi dan Paret Kecamatan Tutuyan.

“Ini akibat drainase yang sudah tidak mampu menampung debit air yang begitu deras,” kata Elvis melalui pesan singkat via WhatsApp saat dihubungi media ini, Minggu 18 April 2021.

Lanjut Elvis, untuk saat ini pihaknya masih standby  di lokasi guna memantau dan mendata yang terdampak banjir di dua desa tersebut.

“Dampak yang diakibatkan banjir ini belum bisa dipastikan karena Tim TRS sementara di lapangan memantau dan melakukan pendataan. Untuk hasil pemantauan juga akan kami laporkan ke Pusdalops BNPB,” ujarnya.

Elvis pun mengimbau, agar masyarakat senantiasa waspada dengan adanya cuaca ektrim seperti saat ini, terlebih bagi warga masyarakat yang berada di seputaran bantaran sungai.

“Diharapkan agar masyarakat  yang tinggal di bantaran sungai agar waspada. Pun halnya dengan yang bermukim di pegunungan maupun di daerah pesisir pantai. Sesuai prediksi BMKG cuaca ekstrim berpotesi terjadi hingga tanggal 19 April 2021, dan bagi yang mengendarai kendaraan baik roda 2 maupun roda 4, agar berhati hati karena jalanan licin,” tandasnya.

Sebelumnya BMKG Sulut dalam update peringatan dini cuaca ekstrim provinsi Sulawesi Utara tanggal 18 April 2021 menyampaikan potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang terjadi di seluruh wilayah Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa Utara, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmong Timur serta Kota Kotamobagu.(Wan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar