Kepala Dinas PMD Bolmut, Fadly Tadjudin Usup, SE, MM.
Kepala Dinas PMD Bolmut, Fadly Tadjudin Usup, SE, MM.

Warga Bukan DPT, Tak Bisa Memilih di Pilsang Bolmut

LIPUTANBMR.COM, BOLMUT – Warga desa yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak bisa menggunakan hak pilihnya, pada pemilihan sangadi (kepala desa, red) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Hal ini dikatakan langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmut, Fadly Tadjudin Usup, SE, MM, kepada reporter media ini, jika pemilih pada pilsang serentak nanti harus terdaftar dalam DPT.

“Pilsang ini beda dengan Pilkada atau Pileg. Pada Pilsang ini, mengharuskan pemilih harus terdaftar dalam DPT. Sebagaimana tercantum dalam Perda Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemilihan dan Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhantian Sangadi. Kalau dalam Pilkada, warga yang tidak menerima undangan tapi memiliki KTP masih bisa memilih”, ungkapnya, pada Senin (18/10/2021).

Lanjutnya, DPT tersebut ditentukan oleh Panitia Pilsang yang ada di desa.

“Kami sudah memberikan waktu selama 4 bulan kepada panitia di desa, untuk menentukan DPT. Adapun bukti terdaftar di DPT adalah menerima undangan untuk memilih pada 20 Oktober nanti”, terangnya

Saat ini pun Dinas PMD sedang menyiapkan solusi bagi seluruh desa terkait warga yang hanya mengandalkan KTP, alias tidak terdaftar dalam DPT.

“Kami menyadari mungkin panitia sudah lelah, sehingga ada warganya yang tidak terdaftar dalam DPT. Solusinya adalah Panitia Pilsang beserta semua calon sangadi beserta saksi yang ada di desa berkumpul dan membuat berita acara, untuk memasukkan pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT”, jelas Usup. [CnD]

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar