Sekretaris Daerah Bolmut, Dr. Drs. Asripan Nani, M.Si, saat melakukan presentasi di hadapan BNPP dan Kementerian PUPR
Sekretaris Daerah Bolmut, Dr. Drs. Asripan Nani, M.Si, saat melakukan presentasi di hadapan BNPP dan Kementerian PUPR

Kecamatan Pinogaluman Bakal Jadi Lokasi Prioritas Nasional

LIPUTANBMR.COM, BOLMUT – Upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondw Utara (Bolmut) dalam mengatasi kerusakan alam yang mengancam jiwa di Kecamatan Pinogaluman terus dilakukan.

Hal ini terbukti dengan kunjungan pemerintah daerah bersama Bapppeda Propinsi Sulawesi Utara di lokasi abrasi pantai yang terjadi baru-baru ini di Desa Buko, Buko Utara dan Tombulang Pantai.

Tidak sampai disitu, pada Senin (15/02/2021) Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut, Dr. Drs Asripan Nani, M.Si mempersentasikan Pinogaluman menjadi Lokasi Prioritas (LOKPRI) Nasional di hadapan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Kementrian PUPR RI di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Asripan Nani menjelaskan kondisi perbatasan Pinogaluman yang saat ini mengalami darurat abrasi pantai. Menurutnya, kondisi ini sangat mendesak untuk segera dibuatkan tangul penahan ombak, sebab sangat menghawatirkan terhadap penduduk setempat yang terdampak.

Selain itu, Sekretaris Daerah memaparkan kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) di Sungai Andagile yang berada di perbatasan Gorontalo Utara dan Bolmut, serta kondisi kesehatan, pendidikan dan pasar rakyat di Kecamatan Pinogaluman menjadi bagian yang di persentasikan untuk mendapat perhatian dari Kementerian terkait.

Seperti dikutip dari laman resmi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bolmut, Nani juga memparkan kondisi bencana dan upaya penanggulangannya di beberpa wilayah, di antaranya pembagunan tangul penahan abrasi sungai di Kecamatan Sangkub, Bintauna, Kecamatan Bolangitang Timur, Bolangitang Barat, serta pembangunan Jembatan Goyo sebagai satu-satunya akses jalan masyarakat setempat yang juga menjadi sentra pertanian di Kecamatan Bolangitang Barat.

Menanggapi penyampaian Sekda tersebut, Deputi BNPP dan Kementerian PUPR dalam waktu dekat akan mengunjungi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai respon terhadap kondisi darurat bencana yang terjadi di Bolaang Mongondow Utara. [CnD]

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar