Para Bakal Calon Kepala Desa di Kecamatan Kaidipang saat mengikuti tes tertulis
Para Bakal Calon Kepala Desa di Kecamatan Kaidipang saat mengikuti tes tertulis

Bakal Calon Kades di Kecamatan Kaidipang Ikut Tes Tertulis

LIPUTANBMR.COM, BOLMUT – Bertempat di Aula Kantor Camat Kaidipang, pada Kamis (07/10/2021), sebanyak 38 Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Kaidipang mengikuti tes tertulis.

Diketahui, tes tertulis ini merupakan syarat lanjutan untuk bisa ditetapkan sebagai Calon Kepala Desa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Kaidipang, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas PMD, Danramil 1303/13 Kaidipang, Kapolsek Urban Kaidipang, Kakan Kesbang-Pol, Pjs Kepala Desa Bigo, Sekdes Desa Gihang dan Ketua-Ketua Panitia Pilsang di Kecamatan Kaiding.

Dalam sambutannya, Camat Kaidipang Moh. Misaalah mengatakan jika, tes tertulis ini merupakan seleksi dalam proses Pilsang di Kecamatan Kaidipang, juga sebagai proses demokrasi di desa untuk memilih pemimpin.

“Prosesi ini sudah berjalan dan akan memasuki tahap akhir. Hingga pada 20 Oktober 2021 nanti akan dilakukan pemungutan suara. Pesan saya kepada para bakal calon, untuk mengikuti dan menjawab setiap pertanyaan sesuai kemampuan”, terangnya

Dia pun menambahkan jika, seluruh bakal calon harus mematuhi aturan yang menjadi ketentuan dalam pesta demokrasi pada Pilsang serentak ini.

“Jadikan Pilsang ini sebagai wadah menjaga kebersamaan, persatuan dan kekeluargaan. Bukan sebagai ajang untuk memecah belah masyarakat, hingga berujung konflik,” imabu Misaalah.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Yahya Batutihe mengatakan jika, Kaidipang merupakan kecamatan terakhir yang melaksanakan tes tertulis.

“Dari 10 desa yang menggelar Pilsang serentak, hanya ada 1 desa yang akan dilanjutkan dengan tes wawancara, yakni Desa Pontak. Hal ini karena bakal calon di desa tersebut melebihi batas yang tertuang dalam regulasi, yakni 5 orang”, terangnya

“Tes ini bukan seromonial, tetapi sesuai ketentuan perundang-undangan. Semoga para bakal calon ini bisa lolos semua menjadi calon Kepala Desa. Pesan saya Jangan saling menghujat, membuka aib dan menjatuhkan lawan. Silahkan jual program kita untuk menang, saya meminta semua stakeholder untuk mengawal jalannya pilsang serentak ini”, pinta Yahya. [CnD]

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar