Pemkab Bolmong Siap Tuntaskan Stunting: Pj Bupati Jusnan Mokoginta Paparkan Strategi di Manado

LIPUTANBMR.COM,Manado,– Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), dr. Jusnan Calemento Mokoginta M.A.R.S, memimpin pemaparan terkait upaya pencegahan stunting terintegrasi di The Sentra Hotel Manado pada Selasa, 28 Mei 2024. Acara ini merupakan bagian dari penilaian kinerja tahun 2024 terhadap hasil kinerja delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting tahun 2023 di Sulawesi Utara.

Dalam pemaparannya, dr. Jusnan Mokoginta menyampaikan berbagai strategi untuk menuntaskan stunting di Kabupaten Bolmong. Materi yang disampaikan mencakup visi misi Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Bolmong, kondisi prevalensi stunting, perkembangan penanganan stunting dari 2019 hingga 2023 menurut data E-PPGBM, serta lokus penanganan stunting pada tahun 2023 dan 2024.

“Komitmen pemerintah daerah sangat penting dalam percepatan penurunan stunting. Kami fokus pada aksi ‘motobatu’ yang bertujuan untuk menuntaskan stunting secara menyeluruh,” ujar dr. Jusnan Mokoginta dalam pemaparannya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong, Mutu Mokoginta, menegaskan bahwa pemaparan tersebut dilakukan langsung oleh Pj Bupati. “Alhamdulillah, tadi pak bupati langsung yang memaparkan penilaian kinerja terhadap penanganan stunting di Kabupaten Bolmong. Insyaallah, hasil yang kita dapatkan sesuai dengan harapan bersama,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Ketut Kolak, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP & KB), Julin Papuling, turut mengapresiasi pemaparan yang dilakukan Pj Bupati. Mereka optimis Kabupaten Bolmong dapat kembali meraih penghargaan terbaik dalam penanganan stunting di tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

“Mudah-mudahan kita (Kabupaten Bolmong) kembali meraih juara terbaik dalam penanganan stunting di tingkat Provinsi Sulut,” harap Ketut dan Julin secara bersamaan.

Selain pemaparan Pj Bupati, acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Bolmong, Abdullah Mokoginta, Ketua TP-PKK Bolmong, drg. Firlia Mokoginta-Mokoagow, Kepala Bappeda Mutu Mokoginta, serta sejumlah pejabat lainnya dari lingkup Pemkab Bolmong. Kehadiran mereka menandakan komitmen kuat pemerintah daerah dalam menuntaskan masalah stunting.

Panelis penilaian kinerja pada acara ini meliputi Bappeda Provinsi Sulut, PKK Provinsi Sulut, Perencana Ahli Utama Provinsi Sulut, Satgas Stunting Provinsi Sulut, Akademisi Unsrat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulut, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulut, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulut, serta tokoh-tokoh seperti Drs. Boas Wilar, dr. Een Walewangko, dan Dra. Shaley Sondakh.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven O.E Kandouw. Dalam sambutannya, Kandouw menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan provinsi dalam menanggulangi stunting yang menjadi salah satu prioritas pembangunan.

“Percepatan penurunan stunting membutuhkan kerjasama yang kuat antara berbagai pihak. Pemerintah daerah, provinsi, serta seluruh elemen masyarakat harus bahu-membahu untuk mencapai target ini,” kata Steven O.E Kandouw.

Dalam sesi tanya jawab, sejumlah tamu dan undangan yang hadir menyampaikan pertanyaan dan masukan yang konstruktif. Diskusi tersebut menghasilkan berbagai rekomendasi yang diharapkan dapat diimplementasikan untuk meningkatkan efektivitas program penurunan stunting di Sulawesi Utara.

Acara ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah Bolmong untuk mempercepat penurunan stunting dengan pendekatan yang lebih terintegrasi dan berbasis data. Keberhasilan penanganan stunting di Bolmong diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Sulawesi Utara dan Indonesia secara umum.

Dengan pemaparan yang komprehensif ini, diharapkan Kabupaten Bolmong dapat mempercepat penurunan angka stunting dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak di daerah tersebut. “Kami berkomitmen untuk terus bekerja keras demi masa depan anak-anak Bolmong yang lebih baik,” pungkas dr. Jusnan Mokoginta.

Laporan ini diambil dari media online zonatotabuan.com.

Check Also

Pj Bupati Bolaang Mongondow Sambut Hangat Kunjungan Kerja NLR Alliance di Bolmong

LIPUTANBMR.COM,BOLMONG – Dalam rangka menekan penyebaran penyakit kusta di Kabupaten Bolaang Mongondow, NLR Alliance yang …