Paripurna DPRD Boltim dalam rangka pengambilan sumpah anggota DPRD PAW sisa masa jabatan

DPRD Boltim Gelar Paripurna Pengambilan Sumpah Anggota DPRD PAW Sisa Masa Jabatan

LIPUTANBMR.COM, BOLTIM— Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mogondow Timur (Boltim) menggelar rapat Paripurna dalam rangka pengambilan sumpah anggota DPRD penggantian antar waktu sisa masa jabatan 2019-2024, Selasa 11 Mei 2021.

Paripurna yang digelar di ruang sidang DPRD Boltim ini dipimpin langsung Ketua DPRD Fuad S. Landjar didampingi Wakil Ketua Medi Lensun dan Muhamad Jabir.

Pembacaan Surat Keputusan Gubernur (SK) Nomor 148 Tahun 2021 oleh Sekretaris DPRD Boltim Ade Herly Mokoginta

Paripurna pengambilan sumpah diawali dengan pembacaan surat keputusan Gubernur Nomor 148 Tahun 2021 tentang peresmian pemberhentian Seska Ervina Budiman S.Sos, sebagai anggota DPRD Boltim masa jabatan 2021-2024 dan peresmian pengangkatan PAW Alambri Matiala sebagai anggota DPRD Boltim sisa masa jabatan 2019-2024 oleh sekretaris Dewan (Setwan) Ade Herly Mokoginta.

Prosesi pengambilan sumpah dipimpin Kepala Pengadilan Negeri Kotamobagu Andri Sufari, S.H.M.Hum  dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah masing-masing oleh anggota DPRD yang baru dilantik, Rohaniwan, serta Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu.

Suasana rapat paripurna berlangsung

Mengawali sambutannya, Ketua DPRD Fuad S Landjar menyampaikan ucapan selamat kepada Alambri Matiala yang baru saja dilantik sebagai anggota DPRD PAW sisa masa jabatan 2019-2024. “Atas nama pimpinan dan segenap anggota DPRD  Boltim mengucapkan selamat dan sukses atas peresmian,” ucap Fuad.

Menurutnya, sebagai pengantar awal pelaksanaan tugas pengabdian anggota DPRD yang baru saja dilantik perlu mengetahui dan mendalami beberapa hal pokok berkaitan dengan tugas, fungsi dan wewenang DPRD secara umum serta hak dan kewajiban DPRD sebagaimana ketentuan UU Nomor 17 Tahun 2014, Permen Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan Tatib DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota yang memiliki tiga fungsi yaitu fingsi pembentukan Perda, Penganggaran dan pengawasan.

Prosesi pengambilan sumpah anggota DPRD PAW sisa masa jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu

“Dalam memasuki dunia pengabdian yang baru bagi daerah, tidak sedikit tantangan yang akan dihadapi, tetapi terbuka pula peluang yang akan digapai terutama dalam upaya peningkatan pelayanan terhadap kesejahteraan masyarakat dan senantiasa menjadi peneduh ketika berada di tengah-tengah masyarakat sebagai publik figur dan panutan serta tidak terjebak pada hal-hal yang belum jelas dan menimbulkan perpecahan, kekacauan dan keresahan di tengah masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, sebagaimana ketentuan Permen Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan Tata tertib (Tatib) DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota pasal 112 ayat (1) menyatakan bahwa anggota DPRD PAW menjadi anggota pada alat kelengkapan anggota DPRD yang digantikannya.

Penandatanganan berita acara pengambilan sumpah

“Untuk itu, saudara Alambri Matiala bertugas pada alat kelengkapan DPRD di Komisi I yang membidangi Hukum dan Pemerintahan serta di Badan Musyawarah (Banmus). Kiranya saudara dapat segera menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab,” harapnya.

Sementara itu, kepada Seska Ervina Budiman, Ketua DPRD juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dengan ucapan terima kasih atas dedikasinya selama setahun memberi warna dalam kebersamaan di DPRD Boltim.

Foto bersama usai rapat paripurna

“Masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita kerjakan, bersama untuk membangun daerah, namun tidak serta merta berhenti disini, melainkan ini awal yang baru untuk memulai mimpi kita. Tetaplah menjadi wanita inspiratif yang penuh dengan ide-ide cemerlang. Sekali lagi terima kasih dan selamat bertugas di tempat yang baru sebagai Ketia Tim PKK Boltim mendampingi kepemimpinan saudaraku Bupati Sam Sachrul Mamonto,” tandasnya.

Rapat paripurna yang berlangsung dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 ini, dihadiri Bupati Sam Sachrul Mamonto, Wakil Bupati Oskar Manoppo, segenap anggota DPRD, unsur Forkopimda, Sekda Boltim, para Asisten, Staf Ahli, serta Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Boltim.(Adv/Wan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar