Tahun Depan CCTV Pemkot Bisa Diakses Lewat Smart Phone

LiputanBMR.com, Kotamobagu – Program smart city, kini tengah dikembangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu tujuannya untuk lebih memudahkan masyarakat. Baik dalam menyampaikan aspirasi/keluhan, bahkan untuk memperoleh informasi.

Karena itu, Pemkot terus berinovasi dengan mengembangkan sistem teknologi tersebut. Pada 2018 mendatang, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), akan meluncurkan aplikasi terbaru, yakni  Kotamobagu Satu (KATU) yang bisa diunduh melalui play store.

Menurut Kepala Diskominfo, Ahamad Yani Umar melalui Kepala Data Center, Rudiyanto  Unu, melalui aplikasi tersebut, selain untuk bisa mengakses berbagai informasi, warga juga bisa mengakses atau memantau aktivitas di sejumlah titik di Kotamobagu yang telah terpasang CCTV. “Tahun depan baru sudah rampung semuanya. Masih ada beberapa sistem yang masih dalam tahap penyempurnaan. Jika nanti sudah rampung, maka setiap warga yang memiliki smartphone, bisa langsung melihat kondisi atau aktivitas yang direkam CCTV,” Rudiyanto, Selasa (12/12/2017) di kantornya.

Rudi sapaan akrab Rudiyanto Unu menambahkan, dengan mudah diaksesnya rekaman CCTV tersebut, warga akan bisa turut memantau dan membantu memberikan informasi jika terjadi tindakan kekerasan atau kecelakaan yang terjadi kepada pihak terkait. “Jadi tidak hanya kecelakaan atau ada tindakan kriminal yang bisa kita pantau lewat CCTV ini, tapi juga aktifitas PSK yang biasanya bertransaksi di taman kota, kita bisa pantau. Sehingga jika ada kejadian itu, maka masyarakat bisa dengan cepat mengetahuinya dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan,” pungkasnya.

(Lim/Win)

Komentar Facebook

Komentar

Pemerintah Kota Kotamobagu

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*