Wali Kota Ir. Tatong Bara saat memberikan sambutan pada acara pelantikan Tim Pokja

Sabet Juara Kotamobagu Bisa Award 2021, Tatong Bara Apresiasi Kelurahan Mogolaing

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU— Wali Kota Kotamobagu Ir. Tatong Bara memberikan apresiasi kepada Kelurahan Mogolaing usai menyabet juara Kotamobagu Bisa Award Bidang Sanitasi Tahun 2021.

“Selamat kepada Kelurahan Mogolaing. Dengan wilayah padat pemukiman dan lingkungannya luas namun bisa meraih juara,” ucap Wali Kota Kotamobagu Ir. Tatong Bara melalui sambutannya  pada acara pelantikan Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja-PKP) Kota Kotamobagu dirangkaikan penganugerahan Kota Bisa Award, Rabu 9 Juni 2021.

Lebih lanjut dikatakan, beberapa waktu lalu Kota Kotamobagu pernah meraih beberapa penghagaan terbaik tingkat Provinsi Sulawesi Utara dalam penanganan sanitasi. “Oleh sebab itu kita jaga stabilitas ini dalam keseharian untuk dikompetisikan di tingkat desa dan kelurahan. Saya berharap, penghargaan ini bisa menjadi satu motivasi untuk tetap terus melakukan sesuatu agar lingkungan kita selalu terjaga,” harapnya.

Sementara itu, dihubungi via telepon, Lurah Mogolaing Tonny Ponongoa, mengaku sangat bersyukur dengan prestasi yang baru saja diraih oleh kelurahan yang saat ini dipimpinnya. “Tentunya kita sangat bersyukur dengan prestasi ini. Hal yang tidak diduga bisa diraih, tapi itu adalah hasil yang objektif. Ini semua berkat kerja keras dan kerjasama antara pemerintah kelurahan dengan masyarakat dan seluruh elemen yanga ada,” ucap Tony.

Lanjut mantan Kepala Dispora Kotamobagu ini, ada beberapa program dan inovasi yang dilakukan sehingga Kelurahan Mogolaing bisa meraih juara dalam bidang sanitasi tersebut. “Salah satunya, merubah pola pikir masyarakat dari kebiasaan buang air di sungai untuk beralih ke septic tank,” ungkapnya.

Masih menurut Tony, dalam hal ini bukan persoalan juara, tapi bagaimana hasil itu menjadi implementasi kinerja ditengah masyarakat.

“Salah satu pembuktian, Mogolaing sudah tiga kali mendapatkan bantuan dari provinsi untuk pembuatan septic tank di bantaran sungai. Dimana kebiasaan masyarakat lebih nyaman buang air besar di sungai.  Nah, dengan memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat terkait pola hidup bersih dan alhamdulillah mereka bisa menerima manfaat yang diberikan provinsi atas prakarsa pemerintah Kota Kotamobagu,” tuturnya.

Ditambahkannya, “Selain juara pada Kota Bisa Award, Kelurahan Mogolaing juga baru saja menyabet juara lomba kelurahan tingkat Kota Kotamobagu dan juara 1 administrasi lomba kelurahan tingkat provinsi,” tandasnya.(Hendrawan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar