Kadis Sosial Kotamobagu, Noval C. Manoppo

Penyaluran April, Daftar Penerima BST Tahap II Kembali Diverifikasi dan Validasi

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU— Sama halnya dengan tahun 2020, di tengah kondisi pandemi Covid-19 penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk tahun 2021 dibagi di dua lokasi, masing-masing di Kantor Pos Kotamobagu dan Aula Kantor Wali Kota Kotamobagu.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kotamobagu Noval C Manoppo, hal ini untuk mengurai agar tidak terjadi penumpukan pada saat penyaluran dilakukan.

”Mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi, jadi untuk mengurai tumpukan kita bagi lokasi penyaluran, namun petugasnya tetap dari Kantor Pos. Pun halnya jadwal penerimaan kita gilir setiap desa dan kelurahan,” kata Noval saat ditemui di ruang kerjanya Senin 25 Januari 2021.

Menurut Noval, untuk BST tahap I telah selesai disalurkan yakni periode bulan januari hingga maret. Sementara untuk tahap II masih menunggu karena penyalurannya per triwulan maka dijadwalkan sekitar bulan April.

“Tahap pertama sudah selesai disalurkan sebanyak 5438 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Nah, untuk penyaluran tahap dua, daftar penerima pada tahap pertama akan dilakukan verifikasi dan validasi kembali,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk verifikasi dan validasi (Verval) data penerima nantinya akan dilakukan petugas pendamping lapangan. Dijadwalkan mereka (Petugas Verval/red)) masih akan mengikuti Bimtek yang diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi.

“Dengan adanya Petugas Verval diharapkan bantuan tepat sasaran. Karena data awal dari pihak pemerintah desa dan kelurahan masih akan diverifikasi dan validasi oleh petugas pendamping, hal ini untuk mengantisipasi adanya praktek kecurangan seperti data penerima manfaat yang tidak sesuai dengan kriteria,” tegasnya.

Noval pun berharap, batuan pemerintah ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh para penerima manfaat. “Tidak digunakan untuk kepentingan lainnya, minimal dalam masa pandemi ini bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan primer,” harapnya. (Hendrawan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar