Metode BDR, Guru Door To Door Ke Rumah Siswa

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU— Pandemi Covid-19 telah mendorong banyak pihak melakukan perubahan dalam dunia pendidikan. Seperti halnya kebijakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terpaksa dilakukan dari rumah sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 dilingkungan sekolah.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun telah melakukan berbagai penyesuaian pembelajaran selama masa pandemi. Salah satunya program Belajar dari Rumah (BDR).

BDR diterapkan disemua tingkatan sekolah di seluruh daerah se Indonesia. Tak terkecuali di Kota Kotamobagu yang belum dinyatakan sebagai daerah aman dari virus corona.

Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri I Upai Kecamatan Kotamobagu Utara, Nartin Mokodongan SPd, mengatakan, BDR sudah dilakukan sebelum tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai. “Sudah beberapa bulan ini kami turun langsung ke rumah-rumah siswa, sejak adanya virus corona,” kata Nartin, Rabu (22/7/2020).

Menurutnya, pada tahun ajaran baru ini seluruh siswa mendapatkan jadwal dan materi pembelajaran yang diberikan langsung oleh guru di masing-masing kelas. “Setiap hari guru-guru mendampingi siswa di rumah, sesuai jadwal yang sudah dibagikan,” terangnya.

Lebih lanjut dijatakan, menjadi kendala dalam BDR, terkadang saat berkunjung ke rumah siswa, siswa tersebut tidak berada di rumah karena ikut orang tua keluar daerah dan masalah lainnya. “ Ada juga saat dikunjungi para siswa belum siap, masih tidur. Yang diharapkan adalah peran serta dari orang tua siswa itu sangat penting. Karena kami (guru) sudah membagikan jadwal per siswa. Batasan waktu saat berkunjung juga sangat berpengaruh pada proses belajar mengajar. Sehingga dukungan dan kerjasama antara wali murid dan guru menjadi yang utama susksesnya BDR ini,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk BDR ini juga menerapkan protokol kesehatan. “Masing-masing siswa sudah dibagikan masker dan itu digunakan saat proses belajar mengajar,” pungkasnya.(*/HM)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*