Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, SH, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan irigasi di Kelurahan Kobo Kecil (Foto: Istimewa)

Kesekian Kali, Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan Letakkan Batu Pertama Pembuatan Saluran Irigasi Bantuan P3-TGAI

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU— Setelah Kelurahan Motoboi Kecil danTumobui, kali ini Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniaan, SH, kembali melakukan peletakan batu pertama pembuatan saluran irigasi di Kelurahan Kobo Kecil, Selasa (15/9/2020).

Kegiatan tersebut merupakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) melalui Balai Sungai Provinsi Sulawesi Utara, sebagai mitra kerja Komisi V DPR RI.

Teknis pengerjaan irigasi ini sendiri, dikerjakan dengan cara padat karya, dimana salah satu pelaksananya adalah Kelompok Swadaya Masyarakat Dapu’on Desa Kobo Kecil.

Nayodo berharap manfaat dari hasil pekerjaan pembangunan tersebut dapat dirasakan oleh para petani sekitar. “Ini juga membantu pemulihan ekonomi masyarakat, serta memperbaiki saluran air yang nantinya juga memberikan manfaat untuk para petani,” ujar Nayodo.

Sementara itu, Kepala Desa Kobo Kecil, Refly M Ginintu, mengatakan pembuatan saluran air irigasi ini dengan total anggaran sekitar Rp 195 juta yang akan di buat sepanjang 250 meter.

“Saya mengucapkan terima kasih ke Pemerintah Kotamobagu, Pemerintah Pusat, Bapak Herson Mayulu selaku anggota DPR RI Komisi V, yang telah memberikan bantuan ini, semoga saluran irigasi ini nantinya bisa meningkatkan kualitas pertanian dan untuk mensejahterakan masyarakat,” ucap Refly.

Ia pun berharap, program seperti ini bisa kembali masuk di Kobo Kecil, mengingat lahan pertanian di wilayah yang cukup luas, sehingga membutuhkan saluran irigasi sebagai pendukung. “Semoga program seperti ini juga terus dilakukan, karena lahan pertanian di  wilayah kami masih banyak butuh drainase saluran air melalui P3-TGAI,” harapnya.(*/Hendrawan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar