Heru Damopolii, petugas vaksinasi Covid-19 PKM Upai

Heru: Pantang Pulang Sebelum Sasaran Selesai Divaksin

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU– Animo masyarakat Kota Kotamobagu, kian meningkat mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar secara masif oleh sejumlah unsur. Baik yang diselenggarakan pemerintah daerah, TNI/Polri hingga unsur terkait lainnya.

Dari berbagai lokasi vaksinasi yang digelar setiap harinya, selalu dibanjiri warga masyarakat yang mengantri untuk mendapatkan dosis suntikan vaksin.

Meningkatnya antusiasme untuk mengikuti vaksinasi ini, menandakan bahwa masyarakat Kota Kotamobagu makin sadar akan pentingnya vaksinasi sebagai bagian dari upaya mencegah penularan Covid-19.

Selain itu, hal tersebut juga turut dipengaruhi keberhasilan pemerintah daerah serta unsur TNI/Polri dalam mengedukasi serta mensosialisasikan vaksinasi ke masyarakat.

Di sisi lain, meningkatnya jumlah masyarakat mengikuti vaksinasi, tentunya membuat para tenaga kesehatan (Nakes) harus fokus dan bekerja ekstra untuk melayani seluruh lapisan masyarakat.

Sejak dimulainya vaksinasi di Kota Kotamobagu pada februari 2021 silam, tanpa mengenal lelah dengan penuh rasa tanggung jawab, para Nakes yang bertugas di RSUD Kotamobagu maupun seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) yang tersebar di 4 Kecamatan, terus berjibaku menunaikan tugas mulia yang diemban sebagai garda terdepan dalam upaya percepatan program vaksinasi.

Salah satunya Heru Damopolii, Nakes yang saat ini tercatat bertugas di PKM Upai. Hampir setahun ini, Heru bersama rekan-rekannya bertugas melakukan vaksinasi bagi masyarakat Kota Kotamobagu di berbagai lokasi yang telah dijadwalkan.

Dalam tugas, Heru bersama rekan Nakes lainnya yang tergabung dalam tim vaksinasi PKM Upai bertekad pantang pulang sebelum seluruh sasaran selesai divaksin, hingga tak jarang, tugas mulia ini dilakoni sejak pagi hingga malam hari.

Menurut Heru, menjadi bagian dari tim vaksinasi adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi dirinya pribadi, karena bisa turut serta dalam upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di daerah ini.

Tak hanya itu, ia pun gencar mensosialisasikan sekaligus mengajak masyarakat untuk segera mengikuti vaksinasi. Tujuannya tidak lain adalah agar herd immunnity bisa segera terwujud, dengan harapan Kota Kotamobagu bisa segera pulih dari ancaman bahaya virus corona.

“Bukan hanya sekedar bisa mengajak, menyarankan dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan imunisasi Covid-19. Kami pun selaku tenaga kesehatan harus menjadi contoh untuk mensukseskan program percepatan vaksinasi. Saya sendiri sudah divaksin mulai dosis satu, kedua hingga dosis ke tiga. Ayo vaksin, karena vaksin itu aman. Jangan percaya dengan postingan hoax di medsos sehingga membuat kita enggan dan takut untuk divaksin. Sayangi diri, keluarga serta orang-orang terdekat kita, dengan saling mengajak untuk segera mengikuti vaksinasi agar Kota Kotamobagu bisa segera pulih dari virus corona,” Ajak Heru.

Realisasi Vaksinasi Kotamobagu

Tercatat hingga saat ini capaian realisasi vaksinasi bagi warga masyarakat Kota Kotamobagu mencapai 42,96 persen dari target sasaran sejumlah 97.253 orang.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu, dr. Tanty Korompot, belum lama ini.

Menurutnya capaian ini diperoleh dari giat vaksinasi yang digelar kurun waktu 9 bulan. Dimana awal pelaksanaan vaksinasi dimulai pada bulan Februari 2021 di berbagai titik, dengan rincian 33 desa/kelurahan, BUMN, Sarana layanan publik, Sekolah serta Fasilitas Kesehatan.

Ia pun berharap, animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi akan terus meningkat seiring makin tingginya kesadaran masyarakat Kota Kotamobagu akan pentingnya vaksinasi Covid-19.

“Target kita sebelum bulan desember, minimal sudah mencapai 75 persen,” ungkap Tanty.

Tentang Kota Kotamobagu

Kota Kotamobagu adalah salah satu Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara, dengan luas wilayah 184.33 kilo meter persegi.

Jarak Kotamobagu ke ibu kota Provinsi Sulawesi Utara (Manado) yakni 171,2 km. Ditempuh sekitar 4 jam perjalanan dengan kendaraan.

Sebagian besar masyarakat Kota Kotamobagu suku Bolaang Mongondow (Bolmong).

Saat ini, Kota Kotamobagu dipimpin Wali Kota Ir. Tatong Bara bersama Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, SH.

(Hendrawan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar