Dinas Kesehatan Kotamobagu Terus Awasi Produk Pangan Rumahan Berizin PIRT

Dinas Kesehatan Kotamobagu

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan Kotamobagu terus melakukan pengawasan produk-produk pangan industri rumah tangga, meskipun pelaku usaha sudah memiliki sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu melalui seksi sumber daya kesehatan, Ria O. Rundungan mengatakan, pengawasan produk-produk pangan di daerah Kotamobagu guna memastikan keamanan pangan, baik bagi pelaku usaha yang baru mengurus izin PIRT maupun yang sudah memiliki izin.

“Selain melakukan visitasi ke pelaku usaha yang sudah memiliki sertifikat PIRT, kami juga melakukan pengawasan pre dan post market. Jadi setelah pelaku usaha mendapatkan sertifikat PIRT juga diawasi. Sehingga harapannya setiap produk yang beredar di pasaran aman dikonsumsi,” katanya, Jumat (19/4/2024).

Lanjutnya, adapun indikator pengawasan yang dilakukan Dinas Kesehatan adalah kelayakan sarana.

“Wajib memiliki kamar mandi atau WC yang terpisah dengan tempat pengolahan produk, tempat pengolahan terpisah dengan bahan basah dan kering, tempat yang tidak berdebu, kebersihan alat-alat produksi dan kebersihan pengolah produk,” tandasnya.

Penulis : Mira Manangin

Check Also

Hadiri Pelantikan PPS Pilkada 2024, Pj Walikota Kotamobagu Minta Jaga Integritas dan Netralitas 

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU – Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani hadiri pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada …