Bisnis Bibit Cengkih Menjajnjikan

LiputanBMR.com, Kotamobagu – Meski berada di wilayah perkotaan, namun Kota Kotamobagu menyimpan potensi pertanian yang menjanjikan. Lahan luas dan subur menjadikan daerah yang disebut-sebut sebagai calon Provinsi Bolmong Raya ini cocok untuk ditanami atau sekadar pembibitan berbagai jenis tanaman pertanian. Cengkih adalah salah satu potensi pertanian yang menjanjikan untuk dikembangkan.

Yonce Mamangkey (65), warga Desa Moyag Tampoan, Kecamatan Kotamobagu Timur, menggarap potensi pembibitan cengkih. Sejak puluhan tahun lalu, bisnis itu Dia geluti dan telah mendapat banyak keuntungan.

“Ada yang dari luar Kotamobagu memesan bibit cengkih di sini, baik secara perorangan ataupun kelompok,” katanya, Kamis (27/05/2018).

Dia mengungkapkan, pembibitan cengkih tersebut juga memberi pembuka lapangan kerja. Sebab, proses pembibitannya katanya memerlukan tenaga dari beberapa orang. “Bisa sampai 400 ribu bibit yang disiapkan. Tentu ini memerlukan tenaga sampai puluhan orang,” ungkapnya.

Sangadi (Kepala Desa, red), Halidun Tunggil, mengakui pembibitan cengkih yang dilakukan warga di desanya itu membantu penyediaan lapangan kerja. Oleh karena itu pihaknya terus mendorong serta memfasiliasi pengembangan pembibitan berbagai jenis komoditi pertanian.

“Ini juga bagian dari program pemerintah desa dalam mendorong berbagai potensi yang ada untuk dikembangkan, termasuk potensi pertanian yang nantinya akan dikelola lewat BUMDes (Badan Usaha Milik Desa),” ujarnya.

(Lim)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*