Kepala Dinas Sosial Kotamobagu Noval C Manoppo

300 Ribu Perbulan, Ini Jumlah Keluarga Penerima PKH Tahun 2021 di Kotamobagu

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU– Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga kurang mampu yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kotamobagu Noval C. Manoppo, mengatakan, di Kotamobagu sendiri sesuai data, ada sekira 2567 KPM  yang menerima tahun 2021. “Masing-masing Rp 300 ribu perbulan dan diterima per triwulan melalui Bank penyalur yang ditunjuk pemerintah,” kata Noval saat ditemui, Kamis (14/01) kemarin.

Dijelaskannya, program bantuan PKH tersebut merupakan bantuan tunai bersyarat bagi masyarakat. “Daftar penerima rutin kita verifikasi. Dimana, bantuan bersyarat ini orientasinya merujuk pada keaktifan KPM terhadap fasilitas kesehatan, pendidikan serta kesejahteraan sosial,”

“Keaktifan yang dimaksud contohnya pada fasilitas pendidikan, bahwa penerima anaknya masih aktif sekolah. Untuk fasilitas kesehatan seperti ada ibu menyusui, balita, dan penderita Tuberkulosis akut dan lainnya dan terakhir aktif fasilitas kesejahteraan sosial misalnya dalam KPM masih ada lansia atau orang cacat,” sambungnya.

Sementara itu, Koordinator daerah bantuan pangan non tunai, Viddie J. Pilat, menambahkan, selain program PKH, KPM juga menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). “Selain itu mereka juga masuk dalam daftar penerima BNPT berupa sejumlah bahan pokok yang nilainya sebesar 200 ribu rupiah. Ada 35 warung yang sudah ditunjuk, untuk tempat pembelian bahan pokok ini,” imbuhnya.

Lanjut Viddie, dasar penentuan penerima bantuan sosial ini merujuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terbaru. “Oleh Kementerian DTKS ini diperbarui setiap semester. Untuk Kotamobagu saat ini yang masuk dalam daftar ini sebanyak 9116 rumah tangga atau 31.121 jiwa,” tandasnya. (Hendrawan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar