Keberhasilan Petani Cengkeh di Posigadan, DPRD Pohuwato Datang Melakukan Studi Banding

LiputanBMR.Com – Bolsel, Rombongan yang di Pimpin oleh Wakil Ketua DPRD Idris Kadji Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara, Jum’at (19/2/2021)

Kunjungan kerja ini dalam rangka studi banding terkait Pengembangan Tanaman Cengkeh di Kecamatan Posigadan, dan untuk di adopsi oleh kabupaten Pohuwato sebagai bahan untuk di jadikan tanaman unggulan di daerah Pohuwato.

Kedatangan rombongan tersebut diterima oleh Sekretaris Kecamatan Posigadan, Harmin Manoppo, S.Pd yang juga didampingi oleh Kasie PMD Muhammad Kamaru dan Staf Pelaksana Seksi Trantib Aliyudin Lahay.

Harmin Manoppo mengatakan Petani di Kecamatan Posigadan selain penghasil Kelapa juga sebagai penghasil Cengkeh terbesar di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
untuk masa panen tanaman cengkehnya hanya berlangsung satu kali saja dalam setahun namun hasilnya cukup memuaskan. Sebut Harmin

Sementara itu Al-Amin Ud’ala sebagai juru bicara rombongan DPRD Pohuwato menjelaskan bahwa tujuan kedatangan kami adalah semata-mata bentuk tindak lanjut dari hasil kunjungan Bupati Pohuwato ke Daerah Bolaang Mongondow Selatan beberapa tahun lalu dan salah satunya kerja sama dalam bentuk mengimpor Bibit Cengkeh ke Pohuwato.

Sehingga kami ingin belajar dari Kecamatan Posigadan yang dikenal sebagai penghasil Cengkeh di Bolsel. Tambahnya

Sementara itu juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato Idris Kadji mengungkapkan bahwa tahun ini kami sudah menganggarkan khusus pengadaan Bibit Cengkeh dan itu masuk di Dinas Pertanian yang kemudian kami mencoba mengimpor dari daerah Bolsel khususnya di Posigadan.

Dengan kata lain membeli bibit cengkeh dari masyarakat tani yang kualitasnya cukup baik untuk ditanam di daerah Pohuwato. Jelasnya

Lanjut Kadji bahwa kami dalam waktu dekat juga akan membuat agenda khusus untuk MOU dengan Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow Selatan terkait dengan pengadaan Bibit Cengkeh ini dan akan melakukan survei awal di salah satu kebun cengkeh milik masyarakat tani di Posigadan. Tutupnya

Sekedar info Rombongan DPRD Pohuwato di Pimpin oleh Wakil Ketua DPRD Idris Kadji terdiri dari Ketua Komisi III Beni Nento, Anggota Al-Amin Ud’ala, Wawan Hatama, Isna Mbuinga, Yunus Abdullah, Inong Nurhamidin dan didampingi Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato.

Peliput : Muchtar Hurudji

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar