Ilustrasi BST Kemensos RI
Ilustrasi BST Kemensos RI

Sejumlah Warga Bolmut Keluhkan Penyaluran BST Bulan Maret – April

LIPUTANBMR.COM, BOLMUT – Prosedur penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia untuk bulan Maret – April 2021 dikeluhkan.

Pasalnya, sederet nama penerima BST di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) hilang dari daftar penerima yang telah bergulir sejak awal penyaluran BST tahun 2020 silam.

Hal ini menjadi persoalan ketika sejumlah nama yang dihilangkan tersebut ternyata bukan penerima bantuan manapun, baik BLT Dana Desa, Program Keluarga Harapan (PKH), BLT UMKM maupun Bantuan Sembako.

“Saya dan sejumlah warga lainnya kaget, ketika nama kami tak lagi tercatat dalam penerima BST bulan Maret – April ini. Padahal kami tidam terdaftar di peserta bantuan manapun”, ungkap salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya itu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Bolmut, Sitti Sabriana. A. Buhang, saat ditemu reporter media ini mengatakan jika, pihaknya berulang kali diminta oleh Kemensos untuk melakukan verifikasi terkait daftar penerima BST. Namun, data belum dikirim, tiba-tiba Kemensos sudah merilis daftar baru penerima BST periode Maret – April 2021.

“Kami kaget tiba-tiba muncul daftar terbaru dari pusat. Dengan sejumlah nama yang tidak lagi muncul dalam daftar. Sehingganya, nama-nama yang muncul saat ini adalah kebijakan dari pusat, yang mengacu pada BNBA”, ungkapnya

Dia pun melanjutkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Sosial, sebagai upaya untuk mencari solusi atas permasalahan ini.

“Ini kami lagi berupaya, mohon bersabar, mudah-mudahan nama-nama yang hilang itu bisa dimunculkan kembali”, ujar Mama Cici, sapaan akrabnya. [CnD]

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar