Kepala Dinas PMD Bolmut, Fadly Tadjudin Usup, SE, MM
Kepala Dinas PMD Bolmut, Fadly Tadjudin Usup, SE, MM

Pekan Ini, 21 Desa di Bolmut Salurkan BLT Bulan Januari

LIPUTANBMR.COM, BOLMUT – Sebanyak 21 desa di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk bulan Januari 2021, yang disiapkan bagi masyarakat kurang mampu dan bukan penerima bantuan apapun di desa.

Sebelumnya, tercatat sudah 13 desa di Bolmut yang lebih dulu menyalurkan BLT ini, diantaranya, Desa Tombolango, Mokusato, Busisingo Utara, Bunong, Kuhanga, Padang Barat, Padang, Mome, Binuanga, Bohabak IV, Nagara, Lipu Bogu dan Binuni.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Fadly Tadjudin Usup, SE, MM, kepada reporter media ini mengatakan jika, ada 21 desa yang siap menyalurkan BLT bulan Januari 2021 pada pekan ini.

“Desa-desa yang akan menyalurkan BLT ini sudah merampungkan dan melaporkan APBDes kepada kami, sehingganya tercatat ada 21 desa yang telah melewati proses itu,” terangnya

Lanjutnya, masih banyak desa lain yang belum merampungkan APBDes, sehingga menjadi kendala dalam menyalurkan BLT ini.

“Kami tidak mau mengintervensi desa untuk mempercepat penyaluran BLT ini, karena prosesnya memang cukup panjang dan perlu kehati-hatian dalam pengurusan administrasinya,” ungkap Usup, pada Kamis (18/02/2021).

Tambahnya, besaran dana BLT yang diterima masayarakat masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni Rp 300.000,- / KPM.

Terpisah, Kepala Seksi Penataan dan Perkembangan Desa, Abdul Salam Pudul, pada Dinas PMD Bolmut, saat ditemui reporter media ini, menjelaskan jika, cukup panjang proses yang harus dilewati pemerintah desa, sebelum nantinya menyalurkan BLT kepada masyarakat.

“Setelah merampungkan APBDes, Pemerintah Desa harus melaporkannya kepada Dinas PMD, selanjutnya akan diposting ke aplikasi SISKEUDES, kemudian datanya akan di interkoneksi ke aplikasi OMSPAN, setelah itu akan diajukan ke BPKD Bolmut, dan terakhir BPKD Bolmut akan melanjutkan pengajuan pencairan BLT ke KPPN Kotamobagu,” terangnya.

Berikut 21 desa yang siap menyalurkan BLT pada minggu ini, diantaranya :
1. Desa Saleo
2. Desa Sangkub IV
3. Desa Sangkub II
4. Desa Sangkub I
5. Desa Sangkub Timur
6. Desa Dalapuli Barat
7. Desa Komus II
8. Desa Komus II Timur
9. Desa Busato
10. Desa Sangkub III
11. Desa Busisingo
12. Desa Suka Makmur
13. Desa Tombulang Timur
14. Desa Gihang
15. Desa Tote
16. Desa Nunuka
17. Desa Tombulang
18. Desa Pimpi
19. Desa Tobulang Pantai
20. Desa Sidodadi
21. Desa Buko

[CnD]

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar