Pemkab Bolmong Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Erupsi Gunung Ruang di Sitaro

LIPUTANBMR.COM,BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) secara resmi melepas bantuan kemanusiaan untuk korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Pj Bupati, Ir. Limi Mokodompit, MM, memimpin upacara pelepasan bantuan tersebut pada hari Senin, 22 April 2024.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Limi Mokodompit meminta doa dari seluruh masyarakat Bolmong untuk keselamatan korban di Tagulandang dan agar bencana tersebut segera berakhir. “Mari kita doakan bersama, agar saudara-saudara kita di Tagulandang diberikan keselamatan dan semoga bencana ini segera berakhir,” ucapnya dengan penuh harap.

Selain itu, Pj Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak serta tim medis yang turut serta dalam misi kemanusiaan ke Tagulandang, Sitaro. “Terima kasih, selamat bertugas kepada saudara-saudara yang melaksanakan misi kemanusiaan, semoga tiba dan kembali dalam keadaan Selamat,” tambahnya.

Acara pelepasan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Bolmong Abdullah Mokoginta, unsur Forkopimda, Kepolisian Resor, Komando Distrik Militer, para asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan tim yang akan bertugas di lokasi bencana.

Dampak dari erupsi Gunung Ruang terus menimbulkan kebutuhan akan penanganan darurat. Sebagai respons atas hal tersebut, Pemkab Bolmong telah melakukan upaya maksimal dengan mengirimkan bantuan makanan, peralatan, dan tim medis.

“Pada hari Senin, 22 April, kami melepas pengiriman bantuan setelah upacara Hari Kartini di depan Kantor Bupati. Bantuan yang berhasil dikumpulkan akan kita kirim ke Posko yang ada di Sitaro,” ungkap Pj Bupati Limi Mokodompit yang didampingi oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, Sugiarto Banteng.

Bantuan yang dikirimkan tidak hanya terbatas pada bahan makanan, tetapi juga mencakup peralatan penting bagi warga yang terdampak, seperti terpal, peralatan mandi, selimut, kain sarung, family kit, pakaian layak pakai, tikar, dan berbagai peralatan lainnya.

“Bukan hanya itu, kami juga mengirimkan tenaga medis untuk membantu warga di sana,” tambah Pj Bupati Limi Mokodompit.
Adapun bantuan yang berhasil dikumpulkan berasal dari berbagai dinas, badan, dan kantor. Jumlahnya mencakup 1.5 ton beras, 45 dos mie instan, 72 dos air mineral, 50 paket makanan siap saji, 40 buah selimut, 10 bayi selimut, 60 kaleng biskuit, 50 selimut dari Dinas Sosial, 20 handuk, 120 lembar tikar, 100 kaleng ikan kaleng, 10 kain sarung, 10 kit ware, 10 family kit, 10 terpal ukuran 4×6 meter, dan pakaian layak pakai.

Tak hanya bantuan sembako, 10 tenaga medis juga disiapkan oleh Pemkab Bolmong,termasuk tiga dokter, yang siap diberangkatkan jika dibutuhkan.
Saat ini, bantuan dari Pemkab Bolmong sudah diterima di Posko Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, yang diterima langsung oleh Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Utara. Langkah ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk memberikan bantuan segera kepada korban erupsi Gunung Ruang di Sitaro. (*)

Check Also

Kepemimpinan Limi Mokodompit Antarkan Bolmong ke Zona Hijau Pelayanan Publik

LIPUTANBMR.COM, Bolmong — Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) telah mencatat sejarah baru dalam pelayanan publik. Pada …