KPU Bolmong Sosialisasikan Tahapan Pemilihan Bupati 2024: Komitmen Bersama Wujudkan Pemilu Demokratis

LIPUTANBMR.COM,Kotamobagu, 21 Juni 2024 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengadakan sosialisasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2024. Acara ini digelar di Meeting Room Kinalang Hotel Sutan Raja, Kota Kotamobagu pada Jumat, 21 Juni 2024, dan dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Komisioner KPU, Kepala Kesbangpol Bolmong, para camat, serta perwakilan dari partai politik peserta pemilu.

Hasrul Dumambow, mantan Komisioner KPU Bolmong periode 2018-2023, menjadi pemateri utama dalam kegiatan ini. Dalam paparannya, Hasrul menyampaikan beberapa poin penting terkait tahapan pemilihan yang harus dipahami oleh semua pihak yang terlibat. Ia menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam setiap tahapan pemilihan, dengan mengatakan bahwa “Pemilihan yang jujur dan adil adalah kunci untuk menciptakan pemerintahan yang kuat dan dipercaya oleh masyarakat. Setiap langkah dalam proses pemilihan harus dilakukan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan.”

Hasrul juga menjelaskan secara rinci tahapan-tahapan pemilihan, mulai dari pendaftaran calon, verifikasi data, kampanye, hingga pemungutan suara dan penghitungan suara. Ia menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam setiap tahapan tersebut, menyatakan bahwa “Keterlibatan aktif masyarakat akan memastikan bahwa setiap suara dihargai dan hasil pemilihan mencerminkan kehendak rakyat.”

Selain itu, Hasrul menggarisbawahi peran penting partai politik dalam proses pemilihan. Ia mengajak semua partai politik untuk berpartisipasi secara aktif dan konstruktif, serta memastikan bahwa kandidat yang diusung adalah yang terbaik dan memiliki integritas tinggi. “Partai politik adalah pilar demokrasi. Mereka harus menjalankan fungsi mereka dengan baik untuk menjaga kepercayaan publik,” tambahnya.

Dalam sesi tanya jawab, beberapa peserta mengangkat isu tantangan yang dihadapi dalam pemilihan, seperti kampanye hitam dan politik uang. Menanggapi hal ini, Hasrul memberikan solusi praktis dan meminta kerjasama semua pihak untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. “Kita harus bekerja sama untuk menciptakan pemilihan yang bersih dan bebas dari praktik-praktik kotor. Pengawasan ketat dan pendidikan politik kepada masyarakat adalah kunci untuk mengatasi tantangan ini,” jelasnya.

Di akhir sosialisasi, Hasrul berharap agar seluruh peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam menjalankan peran masing-masing selama tahapan pemilihan berlangsung. “Mari kita bekerja sama untuk mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong tahun 2024. Dengan kerjasama yang baik, kita bisa mewujudkan pemilihan yang demokratis dan bermartabat,” pungkasnya.

Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan diskusi informal antar peserta, yang diharapkan dapat memperkuat komunikasi dan koordinasi antara KPU, stakeholder, dan partai politik dalam menyukseskan pemilihan mendatang.

 

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini termasuk Komisioner KPU, Kepala Kesbangpol Bolmong, para camat, dan perwakilan dari partai politik peserta pemilu. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen bersama untuk menyukseskan proses pemilihan yang akan datang. (Advertorial)

Check Also

Transformasi Pendidikan: 155 Kepala Sekolah di Bolmong Ikuti Pelatihan Konten Digital

LIPUTANBMR.COM,Manado – Pj. Bupati Bolaang Mongondow, dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS, meresmikan Pelatihan Pengembangan Konten …