Festival Mongulipot dan Halal Bi Halal Idul Fitri Meriahkan Desa Mopait

LIPUTANBMR.COM,BOLMONG—Desa Mopait, 18 April 2024 – Dalam rangka memperingati Festival Mongulipot dan Halal Bi Halal Idul Fitri 1445 H, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar acara yang meriah di Desa Mopait. Sambutan dari Penjabat Bupati Bol-Mong menjadi sorotan utama dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bol-Mong mengucapkan salam sejahtera dan rasa syukur atas kesempatan untuk bersilahturahmi dalam acara yang penuh berkah ini. Dia juga menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah, dengan mengucapkan “Minal Aidin Wal Faidzin” kepada seluruh masyarakat Desa Mopait dan wilayah Kecamatan Lolayan.

Festival Mongulipot yang diadakan oleh masyarakat Desa Mopait sejak tahun 2011, bertujuan untuk mempromosikan kearifan lokal dan kuliner khas Bolaang Mongondow, yakni daun kulipot. Daun ini memiliki aroma harum dan sering digunakan sebagai pembungkus nasi atau makanan lainnya. Acara ini juga dijadikan sebagai wahana silaturahmi dan objek wisata kuliner bagi masyarakat di wilayah Bolaang Mongondow Raya.

Pj. Bupati juga menyampaikan beberapa pesan dan harapan, termasuk menjaga tradisi Mongulipot sebagai bagian dari kearifan lokal, menjaga persatuan dan keamanan di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow, serta mempererat tali persaudaraan antarumat beragama.

Selain itu, Pj. Bupati juga mengingatkan tentang pentingnya menjaga suasana kondusif menjelang pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024. Dia menekankan perlunya pemilihan yang jujur, adil, dan bermartabat.

Sambutan Pj. Bupati juga diakhiri dengan ungkapan terima kasih atas dukungan masyarakat selama kepemimpinannya dan permohonan maaf atas segala kekhilafan dan kekurangan yang dialaminya selama memimpin Kabupaten Bolaang Mongondow.

Acara Festival Mongulipot dan Halal Bi Halal Idul Fitri ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga momentum penting untuk memperkuat persatuan, menjaga kearifan lokal, dan mempererat hubungan antarumat beragama di Kabupaten Bolaang Mongondow. Semoga semangat kebersamaan dan kerukunan yang terjaga dapat menjadi landasan untuk kemajuan bersama di masa depan. ( Salman)

Check Also

Kepemimpinan Limi Mokodompit Antarkan Bolmong ke Zona Hijau Pelayanan Publik

LIPUTANBMR.COM, Bolmong — Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) telah mencatat sejarah baru dalam pelayanan publik. Pada …